Sarinah Specialty Store beroperasi di dalam Sarinah Department Store, yang merupakan PT Sarinah, anak perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang kepemilikannya dipegang oleh PT Aviasi Wisata Indonesia (Persero) dan Negara Republik Indonesia. Sarinah adalah department store modern pertama di Indonesia dan telah menjadi pemain penting di sektor ritel dan gaya hidup.
Persaingan antara Sarinah Specialty Store dan kompetitornya, Alun Alun Indonesia, untuk pasar Jakrta cukup ketat karena kualitas barang Indonesia yang luar biasa. Persaingan yang ketat muncul karena semua perusahaan menyediakan kategori produk, harga, dan kualitas yang identik. Produk yang ditawarkan antara lain Batik, Kerajinan & Souvenir, F&B (Kakao, Kopi, Teh, dan Makanan Riingan), dan Barang Lainnya (Aksesoris, Sepatu, Tas, Kecantikan, dan Wastra).
Agar tetap kompetitif di pasar yang berubah dengan cepat ini, penting untuk menentukan karakteristik khas produk kita dibandingkan dengan pesaing kita. Hal ini mencakup pemahaman tentang kekuatan kita dan mengevaluasi kelemahan kita untuk mengkomunikasikan secara efektif nilai sebenarnya dari penawaran kita kepada konsumen. Sarinah Department Store menarik banyak pengunjung untuk menikmati acara tersebut, namun hal ini tidak mengakibatkan kepadatan di toko khusus tersebut. Diperlukan kajian lebih lanjut yang komprehensif, terutama berfokus pada pasar dalam negeri, untuk mengetahui apa yang disukai masyarakat beserta pemicunya dan menentukan strategi efektif dalam menarik konsumen pada target pasar.
Penelitian ini terutama akan menyelidiki faktor-faktor yang memicu konsumen lokal untuk mengunjungi Sarinah Specialty Store dan selanjutnya memotivasi mereka untuk melakukan pembelian, yang bartujuan untuk menganalisis faktorfaktor yang mempengaruhi perilaku konsumen untuk meningkatkan daya tarik di Sarinah Specialty Store. Selain itu, penelitian ini bermaksud mengembangkan strategi bersaing produk batik dan fashion di pasar. Penelitian ini meliputi penelitian eksploratif, yaitu penelitian yang mengembangkan hipotesis dan saran berdasarakan informasi yang dikumpukan dan dianalisis. Metode ini fleksibel dan mudah beradaptasi, disesuaikan dengan kebutuhan peneliti dan kompleksitas masalah. Dalam penelitian ini, penelitian eksplorasi dapat berfungsi untuk mengungkap alasan yang mendasari di balik perilaku konsumen yang diamati di pasar domestik Sarinah Specialty Store. Ini dapat membantu mengidentifikasi pemicu ketertarikan dan keterlibatan dengan menganalisis data dari situs web, lebih tepatnya data dari Databoks. Databoks menjadi penting karena penelitian ini berfokus pada pasar domestik sehingga diperlukan untuk mengetahui apa faktorfaktor yang membuat orang Indonesia saat ini tertarik. Sehingga, data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah dari survei terhadap 120 partisipan dan situs survei web Databoks.
Data primer dan sekunder yang dikumpulkan kemudian dimasukkan melalui pendekatan kualitatif untuk mengungkap faktor-faktor yang memicu kunjungan ke toko dan preferensi spesifik konsumen batik dan fesyen. Penelitian mencakup eksplorasi bisnis berdasarkan analisis Bauran Pemasaran 4P (Product, Price, Place, Promotion), internal (VRIO, STP), industri (Porter’s Five Forces), eksternal (Analisis Pesaing, dan Wawasan Konsumen). Dengan menggunakan analisis eksploratif dari data website dan mengumpulkan survey konsumen, dan analisis SWOT, diperoleh hasil bahwa terlihat Sarinah Specialty Store menghadapi masalah signifikan. Teruatama, toko tersebut tidak memiliki hiburan dalam bentuk apa pun, sehingga membatasi penawarannya hanya pada penjualan produk. Bahkan di segmen kecantikan yang memiliki banyak lini produk, Sarinah Specialty Store belum mampu memaksimalkan potensinya.
Setelah diteliti lebih lanjut, penulis menemukan bahwa orang Indonesia juga cenderung membawa serta keluarganya. Tanpa adanya hiburan, pengalaman menjadi membosankan. Selain itu, segmen produk di luar dari batik dan fesyen ini tidak dijadikan sebagai tujuan belanja, melainkan lebih untuk dijadikan oleh-oleh. Di samping dari membawa serta keluarganya, pengunjung yang datang ke Sarinah Specialty Store adalah yang mencari kebutuhan kantor, termasuk mencari produk dari segmen batik dan fesyen, yang saat ini telah berkontribusi baik terhadap performa penjualan Sarinah Specialty Store. Namun, diperlukan untuk terus meningkatkan daya tarik yang sesuai dengan pasar domestik agar Sarinah Specialty Store dapat terus menyesuaikan dengan kondisi pasar yang akan datang. Berdasarkan hal tersebut, penulis merekomendasikan 5 strategi pemasaran untuk meningkatkan daya tarik dan bersaing dengan kompetitor.