digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Penelitian ini membahas tentang ekspansi perusahaan event planner dengan menciptakan produk baru untuk menjangkau pasar baru berdasarkan persepsi konsumen dan proyeksi arus kas. Penelitian ini dilakukan di daerah Bandung dengan kisaran usia 17-30 tahun. Jumlah responden untuk penelitian ini adalah 141 responden. Menurut kerangka konseptual dalam penelitian ini, kuesioner online dilakukan untuk mendapatkan informasi persepsi konsumen. Faktor-faktor dari kerangka konseptual dan data perusahaan digunakan untuk merancang kuesioner. Paket event planner yang ada saat ini digunakan untuk mendapatkan harga yang cocok berdasarkan persepsi dan kecenderungan konsumen untuk memilih paket. Informasi persepsi konsumen digunakan untuk proyeksi arus kas dan mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi kecenderungan untuk memilih paket event planner. Temuan dari penelitian ini adalah faktor yang paling penting untuk dipertimbangkan dalam menciptakan paket baru untuk event planner di Bandung adalah harga. Harga yang ditawarkan untuk beberapa paket event planner saat ini sudah sesuai untuk pasar. Diferensiasi antara paket yang satu dan lainnya dan penjelasan detail paket penting bagi pelanggan untuk membuat keputusan.