digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Final Project_Sofwatun Nida.pdf
PUBLIC Open In Flip Book Jufrizal Effendi, S.Sos

Saat ini media sosial menjadi populer terutama bagi perusahaan dalam melakukan strategi pemasaran. Dengan adanya media sosial erusahaan besar maupun perusahaan kecil tidak perlu mengeluarkan biaya investasi dalam jumlah besar dan dapat menghasilkan kesadaran pasar. Instagram adalah salah satu media sosial yang populer, aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk berbagi foto atau video di antara penggunanya. Apa yang membuat Instagram menarik adalah konten yang ada di dalam Instagram itu sendiri. Konten terdiri dari pesan yang ingin dibagikan oleh pengguna. Dalam penelitian ini kami mengembangkan 4 hipotesa mengenai konten Instagram yang dapat mempengaruhi minat beli pelanggan, yaitu Product-Centric, User-Generated Content, Celebrity Endorsement, dan Event-Highlight Video. Dalam penelitian ini, kami menyajikan data kuantitatif yang kami dapat dari kuesioner yang tersebar ke 225 responden secara online. Penelitian menggunakan non-probability sampling dengan kriteria responden usia 17-30 tahun, berdomisili di Bandung dan Jabodetabek, dan merupakan pengguna aktif Instagram. Penelitian ini didasarkan pada studi kasus dari “Seperti Yang Diimpikan” Event Planner. Berdasarkan itu, kami mengidentifikasi konten Instagram dari “Seperti Yang Diimpikan” Event Planner dan menganalisis data yang mempengaruhi minat beli pelanggan. Hasil penelitian kami mengungkapkan hipotesis dapat diterima. Kemudian akan menghasilkan kesimpulan dan rekomendasi untuk memperbaiki konten Instagram perusahaan yang akan meningkatkan minat beli pangsa pasar terhadap jasa yang ditawarkan oleh perusahaan.