digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Penelitian ini mengeksplorasi strategi pemasaran Instagram Semudah Health sebagai perusahaan rintisan kesehatan tahap awal yang saat ini tengah mengembangkan produknya, NIRGOMO, alat pengukur glukosa non-invasif untuk mengatasi masalah yang dihadapi penderita diabetes dalam memantau kadar glukosa darah mereka. Proses pengurusan izin yang rumit dan memakan waktu menjadi salah satu ancaman terbesar dalam peluncuran produk tersebut. Namun terlepas dari tantangan yang melekat pada industri ini, Semudah Health memanfaatkan Instagram sebagai platform pemasaran utama untuk mengumpulkan calon pelanggannya. Namun, Semudah Health memiliki masalah dengan konten Instagram yang tidak efektif karena kurangnya rencana konten serta permasalahan internal. Dengan kondisi ini, perlu disusun rencana konten Instagram dan menata ulang struktur organisasi menggunakan metode pemecahan masalah dalam mengevaluasi faktor eksternal dan internal yang memengaruhi strategi pemasaran Instagram Semudah Health, yang termasuk dalam analisis SWOT dan merangkum temuan sebagai analisis akar penyebab. Hasil analisis struktural akan menjadi dasar untuk membangun solusi bisnis alternatif, implementasi, dan rencana aksi untuk konten pemasaran Instagram Semudah Health. Implikasi lebih lanjut dari penelitian ini mencakup pertumbuhan kinerja pemasaran Instagram berdasarkan tingkat keterlibatan, konten yang interaktif, dan kesadaran merek