digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Pasar pakaian anak di Indonesia yang terus tumbuh dan semakin menjanjikan menjadi peluang besar bagi pelaku bisnis di dalamnya. Meski begitu, persaingan di dalam industri pakaian anak relatif tinggi sehingga dibutuhkan strategi pemasaran yang tepat agar dapat bersaing di pasar. Kesadaran merek adalah salah satu faktor utama yang menenentukan pembelian suatu produk. Untuk itu, sebuah bisnis harus menaruh perhatian lebih pada peningkatan kesadaran mereknya. Endorsement selebriti adalah strategi pemasaran yang salah satu manfaatnya dapat meningkatkan kesadaran merek. Banyak bisnis di industri lain yang menerapkan strategi ini dalam mempromosikan produk mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh dari faktor-faktor penentu endosement selebriti yang diterapkan merek pakaian anak sebagai upaya peningkatan kesadaran mereknya. Penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif. Data diperoleh dari kuesioner online yang disebarkan kepada 210 responden yang merupakan ibu dengan anak berusia 0 – 10 tahun dan merupakan target pasar pakaian anak di Indonesia. Penilaian dalam penelitian ini dilakukan terhadap beberapa merek pakaian anak yang paling dikenal dari endorsement selebriti berdasarkan uji recall yang dilakukan sebelumnya. Hubungan antara variabel independen yang terdiri dari kredibilitas endorser, daya tarik endorser, dan kesesuaian produk terhadap dengan variabel dependen kesadaran merek dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Berdasarkan penilaian responden, endorsement selebriti yang dilakukan oleh brand pakaian anak dinilai cukup positif oleh responden. Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa ada korelasi antara endorsement selebriti dan kesadaran merek dalam 22% variansi. Meski begitu, dari ketiga faktor yang dianalisis, hanya faktor daya tarik endorser yang memiliki dampak signifikan dalam peningkatan kesadaran merek pakaian anak.