2025 SK PP Muhammad Faiz Gramiza [19022023] - Abstract
PUBLIC Open In Flipbook Abdul Aziz Ariarasa
Penelitian ini mengkaji pengaruh JKT48 sebagai duta merek terhadap keputusan pembelian konsumen Chatime, khususnya di kalangan Generasi Z dan Milenial di Bandung dan JABODETABEK. Penelitian ini membahas bagaimana dukungan selebriti memengaruhi perilaku pembelian melalui peran mediasi kesadaran merek dan citra merek. Dengan metode kuantitatif, data dikumpulkan dari 245 penggemar JKT48 berusia 15–25 tahun melalui survei online. Analisis dilakukan menggunakan Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dengan SmartPLS 4. Hasil menunjukkan bahwa JKT48 secara signifikan mempengaruhi kesadaran merek dan citra merek, yang pada gilirannya secara positif mempengaruhi keputusan pembelian. Namun, dampak langsung JKT48 sebagai duta merek terhadap keputusan pembelian ditemukan lemah, mengonfirmasi bahwa efeknya lebih bersifat tidak langsung. Temuan deskriptif juga menyoroti keterlibatan yang kuat dari penggemar JKT48, dengan 80% responden membeli produk kolaborasi Chatime x JKT48—utama karena koneksi emosional, barang eksklusif untuk penggemar, dan familiaritas merek. Meskipun kampanye ini sukses di kalangan penggemar, indikator digital eksternal seperti Google Trends dan Socialblade menunjukkan pertumbuhan kesadaran merek yang minimal di luar basis penggemar. Hal ini menunjukkan bahwa meskipun kolaborasi dengan selebriti niche dapat meningkatkan loyalitas dan pembelian berulang, dampaknya terhadap pasar yang lebih luas mungkin terbatas tanpa strategi pelengkap. Studi ini menyimpulkan bahwa duta merek seperti JKT48 efektif dalam memperkuat branding emosional dan pembentukan citra merek, terutama ketika audiens mereka sejalan dengan pasar sasaran.
Perpustakaan Digital ITB