digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Penelitian ini mengidentifikasi inisiatif Design Thinking for Public Policy (DTPP) dari The Local Enablers melalui kajian strategi pemasaran digital dalam memengaruhi niat pembelian melalui mediasi sikap terhadap pemasaran digital, kesadaran merek, dan citra merek. Program ini menghadapi tantangan dalam memperluas pasar dan mempertahankan keunggulan kompetitifnya di antara pasar targetnya, yang mencakup profesional kebijakan publik, akademisi, penggiat kebijakan publik dan inovasi, serta aparatur sipil negara (ASN). Penelitian ini memberikan gambaran mengenai dinamika pemasaran digital yang semakin berkembang di sektor pendidikan dan pelatihan profesional, di mana persepsi dan niat perilaku dipengaruhi oleh inisiatif pemasaran strategis seperti aktivitas pemasaran media sosial (SMMAs), email dan media sosial, serta electronic word-of-mouth (e-WOM). Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang memengaruhi kinerja pasar DTPP, dengan penekanan khusus pada aspek-aspek yang terkait dengan kesadaran merek dan niat pembelian calon peserta. Penelitian ini menjelaskan mekanisme psikologis yang ada dalam psikologi konsumen yang kuat yang memotivasi konsumen untuk merespons rangsangan pemasaran digital dengan menggunakan paradigma Stimulus-Organism-Response (S-O-R). Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif dengan structural equation modeling (SEM) pada partial least squares (PLS) yang melibatkan survei terhadap 187 individu dari pasar target untuk program DTPP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesadaran merek, citra merek, dan sikap konsumen sangat dipengaruhi oleh inisiatif pemasaran digital, termasuk SMMAs, email marketing, dan eWOM. Faktor-faktor ini kemudian memberikan pengaruh positif terhadap niat pembelian. Namun, penelitian ini juga mengidentifikasi peluang bagi pendekatan pemasaran DTPP untuk ditingkatkan, khususnya dalam hal memperkuat citra merek melalui konten digital yang lebih konsisten dan terarah, menggunakan jaringan alumni untuk mengadvokasi perusahaan, sekaligus meningkatkan strategi lain untuk menjadikan produk lebih inklusif. Dengan menunjukkan efektivitas strategi digital yang terintegrasi dalam meningkatkan kesadaran merek dan mendorong perilaku konsumen dalam konteks pelatihan kebijakan publik, penelitian ini memberikan kontribusi pada bidang pemasaran digital di sektor pendidikan. Selain itu, penelitian ini juga menekankan pentingnya model psikologis seperti kerangka S-O-R dalam memahami proses pengambilan keputusan konsumen yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan inovasi strategi komunikasi dan pengembangan posisi program di pasar guna mencapai keberlanjutan jangka panjang dan mengoptimalkan strategi pemasaran digital.