2025_TS_PP_Hilda Zulfa Hayuni_Abstrak Thesis (Tidak untuk di Publish)
PUBLIC Open In Flipbook Yose Ali Rahman
Penelitian ini mengidentifikasi inisiatif Design Thinking for Public Policy (DTPP) dari
The Local Enablers melalui kajian strategi pemasaran digital dalam memengaruhi niat
pembelian melalui mediasi sikap terhadap pemasaran digital, kesadaran merek, dan
citra merek. Program ini menghadapi tantangan dalam memperluas pasar dan
mempertahankan keunggulan kompetitifnya di antara pasar targetnya, yang mencakup
profesional kebijakan publik, akademisi, penggiat kebijakan publik dan inovasi, serta
aparatur sipil negara (ASN). Penelitian ini memberikan gambaran mengenai dinamika
pemasaran digital yang semakin berkembang di sektor pendidikan dan pelatihan
profesional, di mana persepsi dan niat perilaku dipengaruhi oleh inisiatif pemasaran
strategis seperti aktivitas pemasaran media sosial (SMMAs), email dan media sosial,
serta electronic word-of-mouth (e-WOM).
Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor internal dan
eksternal yang memengaruhi kinerja pasar DTPP, dengan penekanan khusus pada
aspek-aspek yang terkait dengan kesadaran merek dan niat pembelian calon peserta.
Penelitian ini menjelaskan mekanisme psikologis yang ada dalam psikologi konsumen
yang kuat yang memotivasi konsumen untuk merespons rangsangan pemasaran digital
dengan menggunakan paradigma Stimulus-Organism-Response (S-O-R).
Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif dengan structural equation
modeling (SEM) pada partial least squares (PLS) yang melibatkan survei terhadap 187 individu dari pasar target untuk program DTPP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
kesadaran merek, citra merek, dan sikap konsumen sangat dipengaruhi oleh inisiatif
pemasaran digital, termasuk SMMAs, email marketing, dan eWOM. Faktor-faktor ini
kemudian memberikan pengaruh positif terhadap niat pembelian. Namun, penelitian
ini juga mengidentifikasi peluang bagi pendekatan pemasaran DTPP untuk
ditingkatkan, khususnya dalam hal memperkuat citra merek melalui konten digital
yang lebih konsisten dan terarah, menggunakan jaringan alumni untuk mengadvokasi
perusahaan, sekaligus meningkatkan strategi lain untuk menjadikan produk lebih
inklusif.
Dengan menunjukkan efektivitas strategi digital yang terintegrasi dalam meningkatkan
kesadaran merek dan mendorong perilaku konsumen dalam konteks pelatihan
kebijakan publik, penelitian ini memberikan kontribusi pada bidang pemasaran digital
di sektor pendidikan. Selain itu, penelitian ini juga menekankan pentingnya model
psikologis seperti kerangka S-O-R dalam memahami proses pengambilan keputusan
konsumen yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan inovasi strategi komunikasi
dan pengembangan posisi program di pasar guna mencapai keberlanjutan jangka
panjang dan mengoptimalkan strategi pemasaran digital.
Perpustakaan Digital ITB