digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Yuni Wulandari
PUBLIC Dwi Ary Fuziastuti

Persaingan dalam dunia bisnis yang semakin meningkat membuat pelaku bisnis harus mencari cara untuk mempertahankan bisnis yang mereka punya. Marketing menjadi salah satu bidang dalam dunia bisnis yang mempunyai perang penting dalam hal ini. Salah satu strategi yang biasa dilakukan oleh bagian marketing agar bisa mendapatkan profit maksimum adalah dengan melakukan kegiatan promosi. Salah satu kegiatan promosi yang sering digunakan adalah pemberian diskon. Pada bidang investasi keuangan, investor memiliki tujuan yang sama dengan pelaku bisnis, yaitu memperoleh keuntungan semaksimal mungkin. Dalam investasi keuangan model Markowitz digunakan untuk membantu investor menentukan proporsi agar diperoleh portofolio optimal. Berangkat dari gagasan tersebut, dengan melakukan modifikasi pada model Markowitz, diharapkan model Markowitz dapat membantu pelaku bisnis untuk mengoptimalkan alokasi biaya promosi sehingga diperoleh profit maksimum. Modifikasi pada model Markowitz ini dilakukan dengan mengganti expected return pada bidang investasi menjadi expected promotional yield ratio untuk bidang bisnis sebagai variabel yang membangun efficient frontier. Dengan melibatkan SKU yang lebih banyak, diperoleh hasil bahwa menaikkan alokasi biaya promosi mengakibatkan kemungkinan untuk mendapatkan profit lebih besar juga menjadi semakin tinggi. Dapat disimpulkan pula bahwa kombinasi optimal terbaik diperoleh dengan melibatkan SKU yang memiliki expected return PYR yang besar.