Persaingan dalam dunia bisnis yang semakin meningkat membuat pelaku bisnis
harus mencari cara untuk mempertahankan bisnis yang mereka punya. Marketing
menjadi salah satu bidang dalam dunia bisnis yang mempunyai perang penting
dalam hal ini. Salah satu strategi yang biasa dilakukan oleh bagian marketing agar
bisa mendapatkan profit maksimum adalah dengan melakukan kegiatan promosi.
Salah satu kegiatan promosi yang sering digunakan adalah pemberian diskon. Pada
bidang investasi keuangan, investor memiliki tujuan yang sama dengan pelaku
bisnis, yaitu memperoleh keuntungan semaksimal mungkin. Dalam investasi
keuangan model Markowitz digunakan untuk membantu investor menentukan
proporsi agar diperoleh portofolio optimal. Berangkat dari gagasan tersebut, dengan
melakukan modifikasi pada model Markowitz, diharapkan model Markowitz dapat
membantu pelaku bisnis untuk mengoptimalkan alokasi biaya promosi sehingga
diperoleh profit maksimum. Modifikasi pada model Markowitz ini dilakukan
dengan mengganti expected return pada bidang investasi menjadi expected promotional
yield ratio untuk bidang bisnis sebagai variabel yang membangun efficient
frontier. Dengan melibatkan SKU yang lebih banyak, diperoleh hasil bahwa
menaikkan alokasi biaya promosi mengakibatkan kemungkinan untuk mendapatkan
profit lebih besar juga menjadi semakin tinggi. Dapat disimpulkan pula
bahwa kombinasi optimal terbaik diperoleh dengan melibatkan SKU yang memiliki
expected return PYR yang besar.