Dalam meningkatkan penghasilan, seorang individu atau suatu perusahaan akan
melakukan berbagai cara untuk meningkatkan keuntungna yang maksimal bagi
bisnis atau usaha mereka. Banyak cara atau strategi yang dapat dilakukan untuk
meningkatkan keuntungan dalam bisns. Salah satu cara agar dapat meningkatkan
keuntungan yaitu dengan cara melakukan kegiatan promosi. Dengan promosi,
pelaku usaha akan mengeluarkan sejumlah biaya agar mendapatkan return yang
lebih dari biaya yang dikeluarkan. Pengeluaran biaya tersebut dapat dikatakan
sebagai bentuk investasi yang memiliki return dengan tingkat risiko masingmasing.
Dalam mengoptimalkan masalah tersebut, maka model Markowitz
merupakan model yang dapat diiplementasikan dalam permaslahan ini. Model
Markowitz ini tidak hanya dapat mengoptimalkan return yang maksimal dengan
risiko yang diinginkan, tetapi model Markowitz dapat juga mengoptimalkan risiko
yang minimum dengan return yang diinginkan. Model ini juga dapat diaplikasikan
dalam bidang penjualan, tentunya dengan model Markowitz yang sudah
dimodifikasi. Modifikasi model Markowitz dalam bidang bisnis diharapkan dapat
membantu pelaku bisnis dalam menentukan alokasi biaya promosi sehingga mereka
dapat memperoleh return yang maksimal. Data yang digunakan berupa 4 SKU
(Stock Keeping Unit) dengan jumlah barang yang berbeda. Dari keempat SKU yang
digunakan kombinasi yang optimal diperoleh dengan melibatkan barang pada
kategori Low untuk SKU pertama dan kategori High pada SKU ketiga.