digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Tan Jenar Kibar Lantang
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

PT Super PARI adalah organisasi pengelola aplikasi Pasar Rakyat Indonesia (PARI) yang merupakan aplikasi pada ponsel genggam yang berfungsi untuk mengelola aktivitas bisnis di dalam ekosistem business-to-business (B2B) pada sektor perdagangan komoditas berbasis ekosistem. Sebelum PT Super PARI didirikan sebagai perusahaan independen sejak Januari tahun 2023, aplikasi PARI dikelola di bawah struktur organisasi Bank Rakyat Indonesia. Melalui proses focus group discusson, anggota PT Super PARI menilai bahwa terdapat berbagai kendala pengelolaan aplikasi PARI di bawah PT Super PARI yang mencakup gejala permasalahan terkait proses rekrutmen, penilaian kinerja, dan pengembangan pegawai. Menyikapi hal tersebut, manajemen PT Super PARI menilai dibutuhkan inisiatif perbaikan dan pengembangan organisasi pada bidang pengelolaan sumber daya manusia. Oleh sebab itu, dilakukan inisiatif pengembangan Kamus Kompetensi dan Kebutuhan Kompetensi Jabatan (KKJ) untuk 21 jabatan dalam struktur organisasi PT Super PARI. Penelitian ini menghasilkan identifikasi 4 kompetensi inti, serta 18 kompetensi pendukung dan 38 kompetensi bidang yang diidentifikasi berdasarkan pemetaan proses bisnis dan tanggung jawab jabatan dengan Process Classification Framework (PCF) dan Responsibility Assignment Matrix (RAM). Ukuran ketercapaian kompetensi dilandaskan pada tingkatan kemampuan kognitif berdasarkan Taksonomi Bloom yang terdiri dari enam tingkatan. Sementara itu, kompetensi yang digunakan dalam perancangan kamus kompetensi mengacu pada daftar kompetensi oleh Spencer & Spencer, serta kompetensi bidang mengacu pada daftar kompetensi oleh University of College Dublin dan The Chartered Institute of Marketing. Hasil penelitian diharapkan dapat menjadi landasan pengembangan sistem evaluasi dan pengembangan sumber daya manusia PT Super PARI untuk jangka panjang.