digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Thesis-Atika S. Pohan-19213010.pdf
PUBLIC Jufrizal Effendi, S.Sos

Saat ini berbelanja melalui online sangatlah digemari oleh masyarakat karena tidak harus datang langsung ke toko melainkan hanya melihat koleksi foto yang tersedia dengan menggunakan mobile phone yang tersambung jaringan internet. Salah satu media yang menjembatani belanja online mereka adalah dengan melalui sosial media atau webstore. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui faktor apa yang mendorong konsumen memutuskan berbelanja online baik melalui sosial media atau webstore. Metode yang akan digunakan adalah dengan menggunakan kuantitatif dan kualitatif (mix method). Data akan diperoleh dengan mewawancarai sebanyak 129 responden melalui kuesioner tertutup. Di samping itu, akan dilakukan pula wawancara untuk mendapatkan data kualitatif yang dapat membantu dalam proses analisis. Dalam hal ini, akan dilihat variabel yang paling berpengaruh dalam keputusan membeli. Di sisi lain, analisis menunjukan bahwa media sosial mempunya nilai rataan dibandingkan webstore. Sehingga perusahaan start-up dapat meningkatkan kualitas dan kepercayaan untuk menarik.