digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Promosi tanggal kembar telah menjadi strategi pemasaran yang populer di berbagai platform e-commerce. Kampanye ini dirancang untuk meningkatkan keterlibatan konsumen sehingga mendorong penjualan produk. Dalam pemasaran digital, memahami bagaimana elemen iklan seperti diskon, kelangkaan, dan kampanye tanggal kembar memengaruhi keputusan pembelian menjadi penting bagi penjual dalam merancang strategi iklan yang lebih efektif. Namun, meskipun strategi promosi tanggal kembar menjadi fenomena yang lumrah, penelitian eksperimen mengenai dampaknya terhadap keputusan pembelian impulsif masih terbatas. Selain itu, belum banyak studi yang mengukur respons konsumen menggunakan pendekatan neuromarketing, terutama dalam industri fesyen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh elemen iklan digital terhadap atensi visual, motivasi hedonik, motivasi utilitarian, emosi serta bagaimana faktor-faktor tersebut berkontribusi terhadap perilaku pembelian impulsif. Penelitian eksperimental dilakukan dalam penelitian ini dengan eye tracker dan EEG sebagai alat utama untuk mengukur respons visual dan aktivitas otak partisipan terhadap berbagai stimulus iklan. Sebanyak 45 partisipan terlibat dalam penelitian ini, menghasilkan data pengamatan yang dianalisis secara tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbedaan framing diskon berpengaruh terhadap motivasi utilitarian responden. Selain itu, stimulus iklan dengan elemen kelangkaan berhasil menangkap atensi visual responden. Temuan lainnya menunjukkan bahwa motivasi hedonik dan utilitarian memiliki pengaruh signifikan terhadap perilaku pembelian impulsif, begitu pula dengan keterlibatan emosi. Hal ini menegaskan bahwa strategi pemasaran yang mampu membangkitkan respons emosional dan memenuhi motivasi belanja konsumen dapat meningkatkan kecenderungan pembelian impulsif.