digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Final Project Audy 19213029.pdf
PUBLIC Open In Flip Book Jufrizal Effendi, S.Sos

Dengan kuatnya efek globalisasi, digitalisasi, dan media sosial, cara suatu brand untuk mempromosikan produk mereka juga turut berubah. Banyak perusahaan mengubah bisnis model mereka yang semulanya mengikuti marketing tradisional menjadi marketing yang lebih menjujung inovasi digital. Ada banyak brand lokal Indonesia yang membuat produk sepatu khusus wanita. Untuk dapat bertahan dalam target market ini, RCKWE Co. Membuat produk sepatu bernama WIPS. WIPS BY RCKWE dengan menggunakan instagram sebagai media campaign, tapi sepertinya tidak terlalu efektif. Sang pemilik ingin mengambil pasar dari Instagram dikarenakan adanya kesempatan yang bagus, ada beberapa cara untuk meningkatkan jumlah pengikut dan penjualan di instagram, diantaranya adalah: Hashtag, endorsement, dan paid promote. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan cara observasi dan menerapkannya di pemasaran Instagram WIPS BY RCKWE. Sang peneliti meneliti tiap metode selama tiga hari. Data yang didapat dari observasi dicatat oleh peneliti. Metode kedua adalah wawancara langsung dengan sepuluh responden untuk meminta pendapat mereka apakah strategi tersebut akan cocok jika diterapkan untuk WIPS BY RCKWE. Hasil dari data ini menetapkan bahwa menggunakan hashtag, paid promote, dan endorsement akan efektif untuk menambah jumlah pengikut dan penjualan start-up fashion Indonesia.