Polusi yang diakibatkan pemakaian kendaraan berbahan bakar terus menghantui,
terutama sepeda motor yang menyumbang 84% dari total polusi dari kendaraan
seluruhnya. Salah satu cara untuk mengurangi polusi ini adalah dengan
penggunaan sepeda listrik. Namun, secara populasi, sepeda listrik masih relatif
sedikit jumlahnya jika dibandingkan dengan sepeda motor. Salah satu tantangan
dari sepeda listrik saat ini adalah dari segi performa yang ditawarkan seperti
dalam keluaran torka, efisensi dan jarak tempuh yang dinilai kurang unggul
dibandingkan kendaraan roda dua konvensional. Penelitian ini menjelaskan
kebutuhan dasar dari sepeda listrik yang akan digunakan di perkotaan, mengetahui
parameter yang akan berpengaruh pada motor brushless DC (BLDC) dan
memberikan alternatif pemodelan berdasarkan motor yang ada di pasaran untuk
meningkatkan performanya. Maka dari itu, pada penelitian ini dilakukan optimasi
terhadap rancangan motor BLDC 350 W dan 500 W dengan variasi slot-pole yang
digunakan sebagai penggerak sepeda listrik dengan tipe mountain bike dan folding
bike. Telah didapatkan variasi slot-pole 30-28 menjadi yang tertinggi untuk
keluaran torka. Dilakukan juga pengujian terhadap pemodelan alternatif motor
dengan perkotaan dalam rangka memenuhi kriteria performa. Dari hasil simulasi,
diperoleh bahwa motor 500W dapat memenuhi kondisi operasi yang diberikan
oleh kriteria beban dari sepeda listrik perkotaan.