digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Polusi yang diakibatkan pemakaian kendaraan berbahan bakar terus menghantui, terutama sepeda motor yang menyumbang 84% dari total polusi dari kendaraan seluruhnya. Salah satu cara untuk mengurangi polusi ini adalah dengan penggunaan sepeda listrik. Namun, secara populasi, sepeda listrik masih relatif sedikit jumlahnya jika dibandingkan dengan sepeda motor. Salah satu tantangan dari sepeda listrik saat ini adalah dari segi performa yang ditawarkan seperti dalam keluaran torka, efisensi dan jarak tempuh yang dinilai kurang unggul dibandingkan kendaraan roda dua konvensional. Penelitian ini menjelaskan kebutuhan dasar dari sepeda listrik yang akan digunakan di perkotaan, mengetahui parameter yang akan berpengaruh pada motor brushless DC (BLDC) dan memberikan alternatif pemodelan berdasarkan motor yang ada di pasaran untuk meningkatkan performanya. Maka dari itu, pada penelitian ini dilakukan optimasi terhadap rancangan motor BLDC 350 W dan 500 W dengan variasi slot-pole yang digunakan sebagai penggerak sepeda listrik dengan tipe mountain bike dan folding bike. Telah didapatkan variasi slot-pole 30-28 menjadi yang tertinggi untuk keluaran torka. Dilakukan juga pengujian terhadap pemodelan alternatif motor dengan perkotaan dalam rangka memenuhi kriteria performa. Dari hasil simulasi, diperoleh bahwa motor 500W dapat memenuhi kondisi operasi yang diberikan oleh kriteria beban dari sepeda listrik perkotaan.