digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800


BAB 1 Jeffry Aldi Permana
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Jeffry Aldi Permana
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Jeffry Aldi Permana
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Jeffry Aldi Permana
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 5 Jeffry Aldi Permana
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Jeffry Aldi Permana
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

Pariwisata adalah salah satu penggerak utama perekonomian Indonesia, dan segmen B2B (bisnis-ke-bisnis) merupakan komponen penting dari industri pariwisata. Laporan Indonesia Investments tahun 2019 mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo dari Indonesia menekankan bahwa industri pariwisata harus menjadi industri terbesar di Indonesia dalam hal perolehan devisa pada saat itu. Indonesia dengan jumlah pulau yang sangat banyak (lebih dari 17.000 pulau) memiliki begitu banyak potensi mulai dari pantai dan pedesaan yang indah, flora & fauna, tempat menyelam, satwa liar, budaya, kuliner, peninggalan sejarah serta kehidupan kota yang semarak. Ketidakmampuannya untuk dapat mewujudkan potensi penuh dan memanfaatkannya merupakan tantangan bagi Indonesia untuk berkembang. Aino Indonesia adalah perusahaan B2B yang berfokus pada teknologi internet dan menciptakan solusi untuk berbagai industri, salah satunya adalah sistem tiket pariwisata. Aino sebagai perusahaan teknologi inovasi menyadari bahwa tantangan dunia di masa pandemi semakin tinggi dan selalu menciptakan inovasi terbaru untuk memberikan yang terbaik bagi klien. Saat ini, Aino belum dapat mencapai target pemasukan tahunannya. Oleh sebab itu, Aino membutuhkan strategi pemasaran untuk meningkatkan pendapatan penjualannya. Investor perusahaan mengharapkan Aino mencapai proyeksi pendapatan yang dijanjikan karena akan ada perubahan besar dalam struktur pemerintahan dan politik di tahun-tahun mendatang yang mungkin menjadi hambatan besar. Hasil kajian menunjukkan Aino Indonesia membutuhkan pengembangan strategi yang tepat untuk memaksimalkan seluruh aspek internal dan eksternal. Pada faktor internal, Aino Indonesia memiliki keunggulan mulai dari pengembangan produk, sistem yang terhubung dengan banyak aplikasi, jaringan universitas, kantor di berbagai lokasi, tenaga penjualan dengan koneksi pribadi, pengalaman tim produk, dan lisensi gerbang pembayaran dari Bank Indonesia. Sedangkan pada faktor eksternal, Aino Indonesia memiliki peluang yang besar dengan melihat peningkatan tren pariwisata di Indonesia, peningkatan kemampuan belanja masyarakat lokal, peningkatan kemampuan penggunaan teknologi dan sistem ticketing, pengaruh hukum yang mendukung dari pemerintah, dan sedikitnya dampak terhadap lingkungan karena lebih sedikit kertas yang digunakan untuk membuat gerbang tiket. Oleh karena itu Aino Indonesia membutuhkan strategi yang tepat untuk meningkatkan penjualannya.