digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Arafatea adalah salah satu usaha kecil berbasis online yang menawarkan produk teh premium dengan kualitas premium dan murni 100% tanpa campuran bahan pengawet dan pewarna. Arafatea juga mengkreasikan produk tehnya dengan memadukan rempahrempah sehingga menghasilkan varian teh baru yang menarik dan unik dengan kualitas premium dan standar produk. Namun, produk itu sendiri tidak mencapai tingkat kesadaran merek dan penjualan yang diinginkan. Oleh karena itu, sangat penting bagi Arafatea untuk meningkatkan upaya pemasaran mereka dengan menciptakan strategi pemasaran yang tepat yang pada akhirnya akan menghasilkan pertumbuhan bisnis yang baik terkait kesadaran merek dan penjualan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan strategi komunikasi pemasaran terpadu yang tepat untuk meningkatkan brand awareness dan penjualan Arafatea. Penelitian ini dilakukan dengan mengidentifikasi masalah internal dan eksternal menggunakan analisis PESTEL, Porter Five Forces, analisis pesaing, Marketing Mix, analisis STP, analisis SWOT, Analisis Root Cause, dan peneliti juga menganalisis hasil analisis customer Arafatea menggunakan metode SEM-PLS. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif. Pengumpulan data primer dalam penulisan ini dilakukan oleh penulis melalui wawancara mendalam untuk metode kualitatif dengan pemilik Arafatea sehingga peneliti dapat mempelajari bagaimana mengidentifikasi masalah dari perspektif perusahaan dan sasarannya sesuai dengan perusahaan yang dikembangkan. Untuk metode kuantitatif, kuesioner dibagikan kepada 203 responden. Hasil analisis menunjukkan bahwa Arafatea masih memiliki brand awareness yang rendah dan strategi komunikasi pemasaran terpadu yang digunakan oleh perusahaan masih kurang tepat. Menggunakan wawasan wawancara, para peneliti membangun strategi komunikasi pemasaran terpadu menggunakan Matriks TOWS. Hasil dari penelitian ini adalah perusahaan membutuhkan komunikasi pemasaran terpadu yang tepat yang dapat dimanfaatkan Arafatea untuk meningkatkan strategi pemasarannya guna meningkatkan kesadaran merek dan penjualannya.