Arafatea adalah salah satu usaha kecil berbasis online yang menawarkan produk teh
premium dengan kualitas premium dan murni 100% tanpa campuran bahan pengawet dan
pewarna. Arafatea juga mengkreasikan produk tehnya dengan memadukan rempahrempah
sehingga
menghasilkan
varian
teh
baru
yang
menarik
dan
unik
dengan
kualitas
premium
dan
standar
produk.
Namun,
produk
itu
sendiri
tidak
mencapai
tingkat
kesadaran
merek
dan
penjualan
yang
diinginkan.
Oleh
karena
itu,
sangat
penting
bagi
Arafatea
untuk
meningkatkan
upaya pemasaran mereka dengan menciptakan strategi pemasaran yang
tepat yang pada akhirnya akan menghasilkan pertumbuhan bisnis yang baik terkait
kesadaran merek dan penjualan.
Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan strategi komunikasi pemasaran terpadu
yang tepat untuk meningkatkan brand awareness dan penjualan Arafatea. Penelitian ini
dilakukan dengan mengidentifikasi masalah internal dan eksternal menggunakan analisis
PESTEL, Porter Five Forces, analisis pesaing, Marketing Mix, analisis STP, analisis
SWOT, Analisis Root Cause, dan peneliti juga menganalisis hasil analisis customer
Arafatea menggunakan metode SEM-PLS.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif. Pengumpulan data
primer dalam penulisan ini dilakukan oleh penulis melalui wawancara mendalam untuk
metode kualitatif dengan pemilik Arafatea sehingga peneliti dapat mempelajari
bagaimana mengidentifikasi masalah dari perspektif perusahaan dan sasarannya sesuai
dengan perusahaan yang dikembangkan. Untuk metode kuantitatif, kuesioner dibagikan
kepada 203 responden. Hasil analisis menunjukkan bahwa Arafatea masih memiliki brand
awareness yang rendah dan strategi komunikasi pemasaran terpadu yang digunakan oleh
perusahaan masih kurang tepat. Menggunakan wawasan wawancara, para peneliti
membangun strategi komunikasi pemasaran terpadu menggunakan Matriks TOWS.
Hasil dari penelitian ini adalah perusahaan membutuhkan komunikasi pemasaran terpadu
yang tepat yang dapat dimanfaatkan Arafatea untuk meningkatkan strategi pemasarannya
guna meningkatkan kesadaran merek dan penjualannya.