ABSTRAK Dea Cindiana
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
VisitInd merupakan suatu startup yang berfokus di bidang pariwisata dengan
merepresentasikan penggunaan platform dalam mengenalkan produk yang ditawarkan
oleh calon customer yang sedang dalam tahap pengembangan di bawah Lembaga
Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan (LPIK) ITB dengan melakukan partnership
bersama objek wisata yang berada di Kawasan Bandung.
Namun, dalam pelaksanaannya belum mencapai kondisi optimal. Hal tersebut
dipengaruhi oleh perusahaan yang belum dapat menyesuaikan model bisnis dengan
adanya perubahan konsumen dari segi perilaku setelah kondisi pandemi usai. Karena hal
tersebut, maka tujuan penelitian ini yakni melakukan pengembangan model bisnis pada
VisitInd agar menyesuaikan perilaku konsumen pada era setelah pandemi usai, sehingga
memberikan dampak bagi perusahaan mendapatkan keuntungan yang lebih besar dan
meningkatkan ketertarikan konsumen untuk menggunakan produk dan layanan yang
ditawarkan.
Berdasarkan hasil peninjauan yang dilakukan pada VisitInd, pengembangan
model bisnis yang dilakukan adalah dimulai dengan menentukan akar permasalahan
terlebih dahulu dengan menggunakan 5 Whys dengan cara melakukan pemetaan model
bisnis eksisting terlebih dahulu. Kemudian, akan diberikan perbaikan model bisnis untuk
perusahaan tersebut dengan tools Business Model Canvas (BMC) dengan dilakukannya
analisis kondisi lingkungan perusahaan baik secara internal maupun secara eksternal.
Kemudian, dilakukan evaluasi model bisnis dengan adanya perumusan SWOT.
Selanjutnya hasil dari SWOT akan untuk memberikan gambaran mengenai proses bisnis
yang dilakukan perusahaan. Sehingga hasil model bisnis tersebut bisa ditambahkan
ataupun ditingkatkan kembali dan menghasilkan solusi perbaikan bagi perusahaan
sebagai objek kajian.