ABSTRAK Anisa Nurul Melinia
PUBLIC  COVER Anisa Nurul Melinia
PUBLIC Dewi Supryati
BAB 1 Anisa Nurul Melinia
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 2 Anisa Nurul Melinia
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 3 Anisa Nurul Melinia
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 4 Anisa Nurul Melinia
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 5 Anisa Nurul Melinia
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 6 Anisa Nurul Melinia
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
PUSTAKA Anisa Nurul Melinia
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Semakin meningkatnya aktivitas impor secara global, maka semakin tinggi
intensitas kegiatan operasional di terminal. Namun, hal ini tidak menjamin bahwa
keuntungan yang diterima terminal juga meningkat. Adanya hari bebas di terminal
menarik pelanggan untuk menyimpan kontainer impor secara gratis untuk 1 hari
sehingga menghambat aliran fisik kontainer baru dan aktivitas di terminal. Oleh
karena itu, diusulkan rancangan tarif penyimpanan kontainer impor baru yang dapat
maksimasi keuntungan terminal dengan menggunakan data dan kondisi yang
dimiliki oleh Terminal Peti Kemas (TPK) Koja.
Pencarian solusi dari permasalahan ini dilakukan dengan menggunakan model
optimasi. Variabel keputusan dalam penelitian ini adalah tarif penyimpanan
kontainer dan durasi hari bebas atau free-time period. Parameter yang
dipertimbangkan di antaranya adalah jumlah kontainer impor, jumlah ground slots
di terminal, tumpukan kontainer, waktu penanganan kontainer menggunakan quay
crane, serta biaya dan tarif penyimpanan kontainer di Gudang Lini II.
Didapatkan nilai optimal dari tarif penyimpanan kontainer adalah Rp50.681/TEU-
hari dengan hari bebas sebesar 0 hari atau tidak ada hari bebas. Untuk
mengakomodasi rancangan tarif penyimpanan kontainer yang diusulkan, dibuat
usulan alur penyimpanan kontainer berdasarkan kepada potensi perubahan perilaku
terminal dan pemilik peti kemas. Validasi usulan kemudian dilakukan dengan
menggunakan metode survei yang dikirimkan kepada stakeholder TPK Koja.
Usulan rancangan yang dihasilkan pada penelitian diharapkan dapat membantu
menyelesaikan masalah di TPK Koja dan menjadi gagasan baru untuk terminal peti
kemas secara umum.