BAB 1 Fathan Naufal Trias
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 2 Fathan Naufal Trias
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 3 Fathan Naufal Trias
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 4 Fathan Naufal Trias
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 5 Fathan Naufal Trias
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 6 Fathan Naufal Trias
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 7 Fathan Naufal Trias
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
PUSTAKA Fathan Naufal Trias
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Perkembangan teknologi mendorong munculnya berbagai macam model bisnis
baru serta perubahan perilaku dan ekspektasi konsumen yang meningkatkan urgensi
bagi perusahaan untuk melakukan transformasi digital dalam rangka meningkatkan
proses penciptaan nilai dan memenuhi kebutuhan konsumen. Salah satu area yang
dapat menjadi fokus transformasi digital adalah meningkatkan pengalaman
pelanggan, yaitu respons pelanggan terhadap penawaran perusahaan pada
keseluruhan perjalanan pembelian pelanggan. PT. Duta Laserindo Metal
merupakan perusahaan Indonesia yang bergerak di bidang fabrikasi dan manufaktur
perakitan lembaran logam. Sebagaimana tertera pada visi perusahaan, PT. Duta
Laserindo Metal ingin meningkatkan kualitas pengalaman pelanggan dimana salah
satu ranahnya adalah pelayanan pelanggan. Ditemukan bahwa pertanyaan yang
paling sering ditanyakan pelanggan adalah terkait status terbaru mengenai pesanan
yang sedang dikerjakan. Oleh karena itu, perusahaan tertarik untuk meringankan
beban kerja perusahaan sekaligus meningkatkan kualitas pengalaman pelanggan
dengan membuat sistem chatbot yang dapat menyediakan fungsi pelacakan status
pesanan. Pada penelitian ini akan dilakukan studi mengenai rancangan sistem
chatbot pelacakan pesanan berbasis aplikasi WhatsApp untuk meningkatkan
kualitas pengalaman pelanggan dan efisiensi kerja perusahaan.
Perancangan sistem chatbot pelacakan pesanan berbasis aplikasi WhatsApp
dilakukan dengan menggunakan metodologi Framework for the Application of
Svstems Thinking (FAST). Perancangan sistem diawali dengan melakukan analisis
kondisi eksisting di perusahaan dan mengidentifikasi kebutuhan sistem. Setelah itu
dilakukan pemilihan perangkat lunak yang digunakan untuk merancang sistem.
Kemudian dilakukan perancangan sistem yang terdiri dari pemodelan proses,
pemodelan data, dan pemodelan antarmuka pengguna.
Penelitian ini menghasilkan prototipe sistem chatbot yang menyediakan fungsi
pelacakan pesanan. Hasil rancangan ini telah terverifikasi memenuhi kebutuhan
fungsional dan non-fungsional sistem dan tervalidasi sesuai dengan harapan
perusahaan. Dengan demikian, diharapkan hasil rancangan sistem dapat membantu
mencapai visi PT. Duta Laserindo Metal.