digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

PT. XYZ merupakan perusahaan anak perusahaan PT ZYX yang bergerak dalam bidang Pay TV atau televisi berbayar. Produk dari PT. XYZ ini adalah layanan saluran televisi berbayar dengan merek dagang Telkomvision. Telkomvision memberikan layanan berupa TV kabel melalui media HFC (Hybrid Fiber Coaxial), yang merupakan teknologi yang memungkinkan Telkomvision untuk memberikan layanan TV Kabel, akses internet berkecepatan tinggi, dan saluran telepon kepada pelanggan. Selain itu, Telkomvision juga memiliki layanan DTH (Direct To Home) atau TV Satelit yang menggunakan parabola dan decoder. Potensi televisi berlangganan atau sering juga disebut sebagai televisi berbayar di Indonesia memang masih sangat besar, sekitar 20 juta-25 juta yang terpusat di tujuh kota besar, dan hanya delapan juta di antara jumlah tersebut yang berpusat di kota-kota yang lebih kecil. Telkomvision, sebagai produk televisi berbayar dari PT. XYZ hanya memiliki sekitar 40.000 pelanggan per Juni 2007. Untuk lebih meningkatkan pangsa pasar, Telkomvision kemudian meluncurkan produk prabayar yang disebut dengan TV Satelit Prabayar Telkomvision (DTH Prepaid Telkomvision), dan menjadi televisi berbayar pertama yang memiliki produk prabayar di Indonesia. Namun, dari hasil penelitian yang dilakukan, sebagian besar responden yang menjadi objek penelitian menyatakan tidak bersedia untuk berlangganan produk baru Telkomvision ini. Oleh karena itu, perlu diketahui hal apa yang menjadi akar permasalahan dari produk TV Satelit Prabayar ini. Setelah menganalisa dengan menggunakan metode SERVQUAL dan menggunakan Peta Kepentingan-Persepsi, diketahui bahwa permasalahan berada pada Harga Perangkat parabola dan decoder yang dirasakan responden terlalu mahal. Oleh karena itu, solusi bisnis yang diberikan untuk produk TV Satelit Prabayar Telkomvision ini berhubungan dengan pengembangan produk pada variabel harga perangkat. Selain itu dikembangkan pula program Komunikasi Pemasaran untuk mendukung solusi bisnis yang telah dikembangkan.