Teknologi semakin berkembang sehingga perusahaan semakin gencar melakukan
strategi pemasaran melalui berbagai platform, salah satunya aplikasi Tiktok sebagai
aplikasi yang paling banyak diunduh di tahun 2022. Somethinc adalah nama brand
dari perusahaan skincare Indonesia yang dalam mengiklankan produknya di aplikasi
Tiktok menggunakan strategi celebrity endorsement dengan tujuan agar iklan ditonton
dan disukai oleh target yang diinginkan sehingga dapat meningkatkan kepercayaan
audiens terhadap brand tersebut. Namun, masih ada konten video yang menggunakan
endorsement selebriti yang belum bisa mencapai tingkat engagement yang tinggi.
Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang
efektif mempengaruhi tingginya engagement rate. Penelitian ini merupakan studi
campuran yang meneliti berbagai video konten dengan engagement rate tinggi pada
konten video yang menggunakan dan tidak menggunakan celebrity endorsement serta
dianalisis menggunakan Engagement Rate per Reach (ERR) dan NVoVivo 12 Plus.
Hasil dari penelitian ini adalah bahwa Tingkat keterlibatan rata-rata tertinggi
ditemukan pada konten video yang menggunakan endorsement selebriti pada tahun
2022 dan terdapat faktor yang paling efektif dalam mempengaruhi tingginya tingkat
engagement online pada konten video yang menggunakan dan tidak menggunakan
endorsement selebriti yaitu Interaksi dan Edukasi. Selain itu, ada faktor lain yang
mendukung kedua konten video tersebut, yaitu Informasi, tagar, hiburan, persuasi, dan
pengingat.