digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Teknologi semakin berkembang sehingga perusahaan semakin gencar melakukan strategi pemasaran melalui berbagai platform, salah satunya aplikasi Tiktok sebagai aplikasi yang paling banyak diunduh di tahun 2022. Somethinc adalah nama brand dari perusahaan skincare Indonesia yang dalam mengiklankan produknya di aplikasi Tiktok menggunakan strategi celebrity endorsement dengan tujuan agar iklan ditonton dan disukai oleh target yang diinginkan sehingga dapat meningkatkan kepercayaan audiens terhadap brand tersebut. Namun, masih ada konten video yang menggunakan endorsement selebriti yang belum bisa mencapai tingkat engagement yang tinggi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang efektif mempengaruhi tingginya engagement rate. Penelitian ini merupakan studi campuran yang meneliti berbagai video konten dengan engagement rate tinggi pada konten video yang menggunakan dan tidak menggunakan celebrity endorsement serta dianalisis menggunakan Engagement Rate per Reach (ERR) dan NVoVivo 12 Plus. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa Tingkat keterlibatan rata-rata tertinggi ditemukan pada konten video yang menggunakan endorsement selebriti pada tahun 2022 dan terdapat faktor yang paling efektif dalam mempengaruhi tingginya tingkat engagement online pada konten video yang menggunakan dan tidak menggunakan endorsement selebriti yaitu Interaksi dan Edukasi. Selain itu, ada faktor lain yang mendukung kedua konten video tersebut, yaitu Informasi, tagar, hiburan, persuasi, dan pengingat.