Penelitian ini fokus pada upaya perusahaan teknologi untuk melibatkan pelanggan dalam strategi mereka, dengan tujuan untuk mengembangkan pendekatan sistematis untuk meningkatkan efisiensi basis data pelanggannya dan memberikan prioritas pada basis pelanggan yang ada, dengan tujuan akhir mendorong pertumbuhan pendapatan melalui strategi pemasaran yang ditargetkan.
Metodologi penelitian melibatkan perhitungan Customer Lifetime Value ( CLV) yang disesuaikan dengan pelanggan Natione Tech, mengidentifikasi faktor-faktor kunci yang mempengaruhi profitabilitas pelanggan, dan memberikan rekomendasi yang dapat diimplementasikan untuk menyesuaikan strategi pemasaran berdasarkan kebutuhan dan preferensi pelanggan individu.
Hasil penelitian mengungkapkan adanya 3 segmen pelanggan, yang dikelompokkan berdasarkan profitabilitas: pelanggan yang sangat menguntungkan, pelanggan dengan profitabilitas sedang, dan pelanggan dengan profitabilitas rendah. Kelompok pelanggan yang sangat menguntungkan mencakup perusahaan besar di sektor kesehatan, edukasi, dan teknologi yang membutuhkan layanan integrasi pihak ketiga. Mereka melakukan pembelian awal yang signifikan, memiliki tingkat churn yang rendah, dan memberikan peluang untuk penjualan lintas dan penjualan tambahan.
Kelompok segmentasi kedua, yaitu pelanggan dengan profitabilitas sedang, terdiri dari perusahaan yang hampir matang dengan siklus penjualan yang lebih panjang. Mereka membutuhkan prototipe dan cerita keberhasilan untuk mendorong pembelian percobaan. Kelompok segmentasi ketiga, yaitu pelanggan dengan profitabilitas rendah, memberikan prioritas pada harga daripada faktor lainnya, memiliki nilai saat ini yang rendah, dan menerima promosi dan diskon.