digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2023 SALMA KARDIYANTI 24621013.pdf
PUBLIC Dwi Ary Fuziastuti

Kesulitan belajar matematika adalah suatu kondisi dimana siswa mengalami kesulitan dalam memahami fakta dan konsep matematika sehingga menimbulkan kebingungan dalam belajar matematika. Kesulitan belajar matematika ini berdampak pada kesulitan menyelesaikan masalah matematika yang berakibat pada prestasi rendah (low achieving) di kelas matematika. Salah satu materi atau konten matematika yang dinilai sulit dipahami bagi siswa tingkat menengah pertama adalah materi aljabar. Secara khusus siswa mengalami kesulitan ketika menjalani transisi berpikir dari konkret ke abstrak. Selain itu, siswa juga mengalami kesulitan dalam menuliskan pemikiran matematika nonformal ke dalam bentuk aljabar yang formal, serta dalam mengaitkan konteks masalah dengan pemikiran aljabar. Untuk dapat membantu siswa mengatasi kesulitan belajar matematika, khususnya dalam aljabar, diperlukan suatu perlakuan (treatment). Pada proyek ini, digunakan thinking hard worksheet treatment berbasi pemecahan masalah pada topik aljabar. Upaya bantuan ini bertujuan untuk (1) mengidentifikasi apa saja dan sejauh mana kesulitan belajar matematika yang dialami oleh siswa low achiever terkait pemecahan masalah kontekstual pada materi aljabar, dan (2) membantu siswa low achiever dalam mengatasi kesulitan belajar matematika menggunakan thinking hard worksheet treatment berbasis pemecahan masalah pada materi aljabar dan melihat sejauh mana treatment ini bermanfaat dan membantu siswa low achiever. Hasil yang diperoleh dari proyek ini yaitu (1) dari hasil identifikasi berdasarkan diagnostik dan wawancara, serta berlangsungnya proses treatment ditemukan terdapat beberapa kesulitan belajar yang dialami oleh siswa terkait pemahaman aljabar dan penyelesaian masalah kontekstual aljabar berbasis tahapan pemecahan masalah, dan (2) dari keseluruhan proses implementasi, diperoleh bahwa thinking hard worksheet treatment ini tampaknya berhasil secara parsial.