Seiring perkembangan teknologi, karakter virtual memiliki personal brand dan
mampu membangun brand equity melalui tren Virtual YouTuber atau VTuber. Tren
VTuber dengan cepat menjadi industri yang besar, dengan Kobo Kanaeru sebagai
contoh VTuber populer. Penelitian akan menggunakan pendekatan campuran.
Pendekatan kualitatif dilakukan untuk mengetahui persepsi penonton Indonesia
berupa brand image, self-congruity, serta celebrity attacahment melalui komentar
YouTube dan respons kuesioner serta makna dari identitas visual personal brand
Kobo melalui klip video livestream. Metode penelitian kualitatif memakai analisis
teks kualitatif dan analisis semiologi. Penelitian kuantitatif dilakukan untuk
mengetahui pengaruh hubungan self-congruity dan celebrity attachment yang
dimoderasi oleh self extension tendency (SET) terhadap consumer engagement
pada konten di YouTube. Penelitian kuantitatif dilakukan dengan menggunakan
kuesioner untuk pengambilan data dengan Partial Least Square-Structural
Equation Model (PLS-SEM) sebagai metode analisis.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dapat diketahui bahwa brand image dari
penonton serupa dengan makna identitas visual Kobo Kanaeru sebagai gadis remaja
pawang hujan yang manis dan nakal serta penggemar media budaya populer Jepang
yang dekat dengan penontonnya. Persamaan tersebut menunjukkan identitas
personal brand Kobo Kanaeru telah berhasil dibentuk. Terdapat pula self-congruity
dan celebrity attachment dari persepsi penonton. Dari penelitian pengaruh dapat
diketahui bahwa hanya social self-congruity dan celebrity attachment memiliki
pengaruh positif terhadap consument engagement. Social self-congruity juga
berpengaruh positif terhadap celebrity attachment dan harus dimediasi secara
penuh oleh celebrity attachment untuk mempengaruhi consument engagement.
Self-extension tendency tidak memiliki pengaruh terhadap hubungan self-congruity
dengan celebrity attachment. Kontribusi penelitian ini adalah menambah
pemahaman tentang brand image dari penonton VTuber berpengaruh terhadap
engagement pada konten video di YouTube.