digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2023 TA PP HANS ADITYA KURNIAWAN 1.pdf
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan

Ruang tunggu rumah sakit merupakan tempat dimana pasien bisa menunggu sebelum masuk ke ruang praktek. Sejumlah pasien anak-anak mengalami rasa takut, bosan, cemas, dan bingung ketika menunggu masuk ruang praktek rumah sakit. Hal ini terjadi karena beberapa faktor yang menyebabkan perasaan tersebut, diantaranya berupa lingkungan rumah sakit yang tidak familiar, alat-alat rumah sakit, dan juga proses pemeriksaan. Oleh karena itu, dibuat perancangan game interaktif dengan tujuan meningkatkan kualitas emosional anak mengatasi perasaan takut, cemas, dan kebosanan yang dimiliki oleh anak-anak. Proses dari pembuatan tugas akhir ini dimulai dari mengkaji masalah dari segi topik, media, dan target sasaran. Kemudian dilakukan pengambilan data dan riset yang terdiri dari studi literatur dan wawancara kepada narasumber yang ahli mengenai psikologis anak dan kesehatan. Studi literatur dilakukan untuk memahami permasalahan yang terjadi dan wawancara dilakukan untuk memahami cara menyelesaikan masalah yang terjadi. Setelah data dan kajian pustaka diperoleh, dilanjutkan dengan proses produksi dari perancangan videogame ini. Game ini adalah game side scroller shooter yang memiliki visual 3D. Output dari tugas akhir ini berupa low fidelity prototype daro game yang akan dimainkan.