2023 TA PP HANS ADITYA KURNIAWAN 1.pdf
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Ruang tunggu rumah sakit merupakan tempat dimana pasien bisa menunggu sebelum
masuk ke ruang praktek. Sejumlah pasien anak-anak mengalami rasa takut, bosan,
cemas, dan bingung ketika menunggu masuk ruang praktek rumah sakit. Hal ini terjadi
karena beberapa faktor yang menyebabkan perasaan tersebut, diantaranya berupa
lingkungan rumah sakit yang tidak familiar, alat-alat rumah sakit, dan juga proses
pemeriksaan. Oleh karena itu, dibuat perancangan game interaktif dengan tujuan
meningkatkan kualitas emosional anak mengatasi perasaan takut, cemas, dan kebosanan
yang dimiliki oleh anak-anak. Proses dari pembuatan tugas akhir ini dimulai dari
mengkaji masalah dari segi topik, media, dan target sasaran. Kemudian dilakukan
pengambilan data dan riset yang terdiri dari studi literatur dan wawancara kepada
narasumber yang ahli mengenai psikologis anak dan kesehatan. Studi literatur dilakukan
untuk memahami permasalahan yang terjadi dan wawancara dilakukan untuk
memahami cara menyelesaikan masalah yang terjadi. Setelah data dan kajian pustaka
diperoleh, dilanjutkan dengan proses produksi dari perancangan videogame ini. Game ini
adalah game side scroller shooter yang memiliki visual 3D. Output dari tugas akhir ini
berupa low fidelity prototype daro game yang akan dimainkan.