2023 TS PP Aisha Salsabila Tisyani [29019004] - Full Text.pdf
PUBLIC Open In Flip Book Abdul Aziz Ariarasa
Terlepas dari banyaknya ancaman kerentanan akibat ukurannya yang kecil, industry di Indonesia didominasi oleh UMKM dengan lebih dari 99% bisnis di Indonesia masuk ke dalam kategori itu. Dengan adanya ancaman kerentanan seperti keterbatasan sumber daya, persaingan yang ketat dan perubahan lingkungan, banyak perusahaan yang mempertimbangkan untuk mengubah proses bisnisnya menjadi digital. Di antara berbagai bentuk digitalisasi, bergabung dengan ekosistem bisnis digital seperti platform e- commerce dianggap paling sesuai untuk UMKM karena efisiensinya dalam hal sumber daya dan biaya. Tetapi hingga saat ini baru ada sekitar 19% UMKM di Indonesia yang bergabung dengan ekosistem bisnis digital dalam bentuk e-commerce. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplor pengaruh dari menggunakan platform e- commerce terhadap berbagai aspek bisnis pada UMKM dan melihat apakah penggunaan e-commerce dapat membantu UMKM meningkatkan agility bisnis untuk dapat tetap bersaing di pasar. Untuk mencapai tujuan dari penelitian ini kami menggunakan studi kualitatif dengan melakukan wawancara dengan enam pemilik UMKM yang telah menggunakan platform e-commerce. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa menggunakan platform e-commerce memberikan perubahan-perubahan dengan dampak positif terhadap empat aspek bisnis, yaitu operasional bisnis, organisasi, pemasaran, dan pengembangan produk. Perubahan-perubahan ini menandakan adanya peningkatan kelincahan bisnis. Dengan mengetahui informasi ini, kami berharap penelitian ini dapat menjadi panduan bagi UMKM untuk turut memasuki dunia digital melalui e-commerce.