digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Media sosial semakin menggantikan media tradisional dalam memenuhi permintaan hiburan kaum muda. My Carousel sebagai start-up media sosial tahap awal mendapatkan bagian kecil dalam industri ini. Proposisi nilai unik mereka menyediakan platform yang bebas dari iklan. Namun, sebagai startup tahap awal, mereka belum menetapkan strategi untuk menarik pengguna dan kreator berkualitas tinggi serta membangun keuntungan berkelanjutan tanpa iklan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membantu Carousel mencapai visinya dalam menciptakan platform yang mendukung aktivitas ekonomi tanpa iklan, dan menarik pengguna dan pembuat konten berkualitas tinggi untuk meningkatkan skala model bisnisnya. Model manajemen strategis dasar diterapkan pada penelitian dengan kombinasi sumber data primer dan sekunder untuk mendukung perumusan strategi. Lingkungan bisnis internal dan eksternal dikumpulkan dan dianalisis. Temuan dari analisis kemudian diterapkan pada strategi yang diusulkan. Strategi tersebut meliputi prosedur pembukaan toko, algoritme adaptif, buffet pencipta, dan perencanaan bisnis bersama yang dibantu dengan rencana implementasi. Dari hasil tersebut, penelitian ini memberikan kontribusi bagi para pemula di industri media sosial yang ingin belajar dari kasus My Carousel dan menerapkan solusi yang disajikan dalam penelitian ini.