digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Rosalinda Chen
Terbatas  yana mulyana
» Gedung UPT Perpustakaan

Evaluasi mutu pelayanan merupakan proses pengukuran, penilaian atas semua kegiatan Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit secara berkala. Rumah Sakit Advent Bandung adalah salah satu rumah sakit yang melayani pasien peserta asuransi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Untuk itu, perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien rawat jalan peserta BPJS Kesehatan terhadap pelayanan kefarmasian di Rumah Sakit Advent Bandung. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik menggunakan desain penelitian survei cross sectional. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara langsung ataupun melalui kuesioner sesuai dengan kesediaan pasien sehingga tidak mengganggu alur pelayanan kefarmasian di rumah sakit dan menjaga kenyamanan pasien. Penelitian menggunakan kuesioner pengukur kepuasan pasien berdasarkan metode SERVQUAL. Uji validitas dan reliabilitas dilakukan sebelum menyebarkan kuesioner dengan metode Pearson Moment untuk uji validitas dan metode Cronbach’s Alfa untuk uji reabilitas. Data yang telah dikumpulkan, dianalisis menggunakan software SPSS yang telah ditujukan melalui parameter-parameter tingkat kepuasan yaitu kehandalan, ketanggapaan, keyakinan, empati, dan bukti fisik. Dari hasil penelitian, tingkat kepuasan pasien diperoleh presentase kehandalan 85,22% (sangat puas), ketanggapan 92,41% (sangat puas), keyakinan 93,96% (sangat puas), empati 93,96% (sangat puas), dan bukti fisik 92,92% (sangat puas) dengan tingkat kepuasan rata-rata adalah 91,7% dan termasuk dalam kategori sangat puas. Uji statistik karakteristik responden yaitu usia, jenis kelamin, pendidikan, pekerjaan, pengetahuan mengenai BPJS, penghasilan, dan frekuensi penebusan resep tidak mempengaruhi tingkat kepuasan pasien rawat jalan peserta BPJS Kesehatan terhadap pelayanan kefarmasian di Rumah Sakit Advent Bandung.