ABSTRAK Rosalinda Chen
Terbatas  yana mulyana
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  yana mulyana
» Gedung UPT Perpustakaan
Evaluasi mutu pelayanan merupakan proses pengukuran, penilaian atas semua kegiatan
Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit secara berkala. Rumah Sakit Advent Bandung adalah
salah satu rumah sakit yang melayani pasien peserta asuransi Badan Penyelenggara
Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Untuk itu, perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui
tingkat kepuasan pasien rawat jalan peserta BPJS Kesehatan terhadap pelayanan
kefarmasian di Rumah Sakit Advent Bandung. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif
analitik menggunakan desain penelitian survei cross sectional. Pengumpulan data dilakukan
dengan cara wawancara langsung ataupun melalui kuesioner sesuai dengan kesediaan
pasien sehingga tidak mengganggu alur pelayanan kefarmasian di rumah sakit dan menjaga
kenyamanan pasien. Penelitian menggunakan kuesioner pengukur kepuasan pasien
berdasarkan metode SERVQUAL. Uji validitas dan reliabilitas dilakukan sebelum
menyebarkan kuesioner dengan metode Pearson Moment untuk uji validitas dan metode
Cronbach’s Alfa untuk uji reabilitas. Data yang telah dikumpulkan, dianalisis menggunakan
software SPSS yang telah ditujukan melalui parameter-parameter tingkat kepuasan yaitu
kehandalan, ketanggapaan, keyakinan, empati, dan bukti fisik. Dari hasil penelitian, tingkat
kepuasan pasien diperoleh presentase kehandalan 85,22% (sangat puas), ketanggapan
92,41% (sangat puas), keyakinan 93,96% (sangat puas), empati 93,96% (sangat puas), dan
bukti fisik 92,92% (sangat puas) dengan tingkat kepuasan rata-rata adalah 91,7% dan
termasuk dalam kategori sangat puas. Uji statistik karakteristik responden yaitu usia, jenis
kelamin, pendidikan, pekerjaan, pengetahuan mengenai BPJS, penghasilan, dan frekuensi
penebusan resep tidak mempengaruhi tingkat kepuasan pasien rawat jalan peserta BPJS
Kesehatan terhadap pelayanan kefarmasian di Rumah Sakit Advent Bandung.