digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Syerin Aprilia
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

PT Arkadia Sinergi Indonesia merupakan perusahaan yang telah berdiri sejak tahun 2015 dan bergerak pada bidang desain interior serta konstruksi bangunan khususnya perkantoran. Perusahaan tersebut secara struktur organisasi terbagi menjadi dua bagian, yaitu Tim Manajemen dan Tim Proyek. Tim Manajemen sendiri bertanggung jawab terhadap urusan rumah tangga perusahaan, sedangkan Tim Proyek bertanggung jawab dalam menyelesaikan masalah konsumen secara langsung. Pada periode bulan November 2021 hingga Januari 2022 diketahui bahwa perusahaan menerima berbagai keluhan terkait karakteristik dari individu dalam suatu tim yang menyebabkan adanya kesulitan dalam berkomunikasi. Adanya gejala masalah tersebut kemudian mendorong perusahaan untuk mengetahui budaya seperti apa yang sedang serta ideal diterapkan oleh setiap tim maupun secara keseluruhan organisasi. Penelitian yang akan dilakukan adalah mendiagnosis budaya organisasi dan budaya grup pada PT Arkadia Sinergi Indonesia dengan menggunakan konsep Competing Value Framework (CVF) yang membagi budaya menjadi empat tipe, yaitu clan, adhocracy, market, dan hierarchy. Adapun metode penelitian yang dilakukan akan menggunakan teknik survei dengan kuesioner. Kuesioner yang digunakan adalah berdasarkan teori pada Organizational Culture Assessment Instrument (OCAI). Model OCAI ini memiliki enam dimensi, yaitu karakteristik dominan, kepemimpinan organisasi, manajemen karyawan, perekat organisasi, penekanan strategi, dan kriteria sukses yang kemudian akan didapatkan nilai rataan tertinggi untuk memilih tipe budaya secara tim maupun organisasi. Rekomendasi solusi yang diberikan adalah untuk persiapan transformasi budaya saat ini menjadi budaya harapan karyawan dalam rangka meningkatkan kualitas kerja tim dan perusahaan secara keseluruhan.