digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Andin Rahmana Putra
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

BAB 1 Andin Rahmana Putra
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Andin Rahmana Putra
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Andin Rahmana Putra
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Andin Rahmana Putra
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Andin Rahmana Putra
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

Pertumbuhan ekonomi digital membuat banyak perusahaan melakukan transformasi digital. Perubahan ini memerlukan banyaknya tenaga kerja yang menguasai bidang digital, seperti pengembang website dan aplikasi, data scientist, digital marketer, dan UI/UX designer. Saat ini banyak perusahaan kesulitan mencari tenaga kerja digital, termasuk di Indonesia dan Singapura. Untuk mengisi kebutuhan ini, banyak lembaga pelatihan keahlian digital atau perusahaan edtech yang menyelenggarakan bootcamp untuk mencetak talenta digital siap kerja. Purwadhika sebagai lembaga pendidikan keahlian digital, menjajaki kesempatan untuk melakukan ekspansi ke Singapura, sebagai pusat digital di ASEAN. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisa dan membuat usulan strategi pemasaran berupa strategi go-to-market dan bauran pemasaran 7P. Analisis eksternal dilakukan dengan Ansoff Matrix, Porter Five Forces, PESTEL, analisis kompetitor dan analisis pasar. Analisis internal menggunakan Business Model Canvas, Product Market Fit, VRIO dan bauran pemasaran 7P. Dari analisis ini, diketahui bahwa produk Job Connector Data Science Purwadhika sudah sesuai dengan kebutuhan pasar dan industri, untuk bisa dipasarkan ke pasar baru di Singapura.