digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800


BAB 1 Ellyza Rachmawati
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Ellyza Rachmawati
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Ellyza Rachmawati
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Ellyza Rachmawati
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Ellyza Rachmawati
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

Salah satu portofolio merek yang diharapkan tumbuh untuk mendukung ekspansi komersial Claygo di Indonesia adalah Ajoy. Menurut hasil 2020–2021, Ajoy dihadapkan dengan masalah bisnis yang signifikan, seperti target penjualan yang tidak terpenuhi yang berhubungan negatif dengan pertumbuhan kategori. Tingkat penetrasi Ajoy juga masih sangat rendah, kurang dari 1%, dengan penetrasi hanya sebesar 0,6 hingga 0,8 persen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pendekatan untuk memperoleh data dilakukan dengan survei dengan memanfaatkan kuesioner online. Jika dibandingkan dengan standar kategori rata-rata, kesadaran merek Ajoy relatif rendah, terutama karena pangsa suara iklan yang rendah. Konversi pembelian yang rendah dihasilkan dari kesadaran yang rendah, yang juga merupakan akibat dari sejumlah hambatan, termasuk pengetahuan produk, harga, dan ketersediaan fisik dan mental. Karena penetapan harga Ajoy yang lebih tinggi tetapi tidak dapat menetapkan penilaian yang kuat mengenai titik harga, pemosisian premium yang ingin ditetapkannya tidak diterima dengan baik oleh target sasaran. Dengan demikian, studi ini akan membantu Ajoy untuk mengidentifikasi pemicu kesadaran merek yang rendah dan pemicu konversi pembelian yang rendah (dari metrik sadar menjadi pernah membeli), serta mengembangkan pesan merek yang sesuai dengan pemosisian premium Ajoy dan menentukan inisiatif komunikasi pemasaran terpadu untuk menyampaikan pesan merek kepada prospek utama Ajoy.