digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2025 SK PP Final Project_Muhammad Fadhlan Yassar_19218027
Terbatas Jufrizal Effendi, S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB

PT. Jabar Utama Engineering (PT. JUE) adalah perusahaan fabrikasi baja yang beroperasi sebagai Original Equipment Manufacturer (OEM), melayani klien dari berbagai industri seperti minyak dan gas, infrastruktur, serta alat berat. Seperti halnya usaha kecil dan menengah (UKM) lainnya, PT. JUE menghadapi berbagai tantangan dalam melakukan ekspansi operasionalnya. Lingkungan bisnis B2B dicirikan oleh siklus proyek yang berbasis kontrak serta akses pasar yang terbatas. Studi ini mengeksplorasi bagaimana PT. JUE dapat mengatasi tantangan internal dan eksternal sambil meningkatkan penyesuaian internal dan kehadiran di pasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif berbasis pemecahan masalah, dengan mengintegrasikan kerangka analisis seperti analisis SWOT, matriks TOWS, Resource-Based View (RBV), Porter’s Five Forces, dan Integrated Marketing Communication (IMC). Data dikumpulkan melalui analisis internal, dokumentasi perusahaan, serta wawancara mendalam dengan para pendiri untuk menemukan strategi dan peluang yang relevan. Temuan dari penelitian ini bertujuan untuk mendukung PT. JUE dalam mengidentifikasi arah pengembangan yang sesuai, meningkatkan pendekatan pemasaran, dan memperkuat adaptabilitas organisasi untuk pertumbuhan jangka panjang. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi praktis untuk memperkuat posisi PT. JUE sebagai OEM sekaligus mengeksplorasi strategi diversifikasi.