digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2022 TA PP FIRAS AFZAL RAMADIN 1.pdf?
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan

Beberapa tahun belakangan ini, antusiasme belajar masyarakat penganut agama Islam semakin meningkat, utamanya dalam ilmu-ilmu agama. Kehadiran media baru serta gegasnya laju informasi menjadi dua faktor pendorong yang utama. Tercatat, beberapa pemuka agama islam diikuti jutaan orang, dan pengajian yang mereka selenggarakan dihadiri oleh jutaan orang pula. Salah satu pemuka agama demikian diantaranya adalah Ustaz Adi Hidayat, Lc., M.A. yang saat ini memiliki 2.1 juta pengikut di YouTube dan 3.2 juta pengikut di Instagram, dengan jumlah penyimak 7 juta orang setiap bulannya. Selain itu, beliau memiliki berbagai program dan fasilitas yang mendukung pembelajaran agama bagi masyarakat muslim. Sayangnya, setiap program atau divisi yang dinaungi beliau, tidak memiliki kekhasan yang sinergis satu dengan yang lainnya. Setiap desain tidak dirancang oleh seorang desainer, dan tidak pula dirancang secara matang, sehingga tidak ada pakem yang membatasi identitasnya. Kegiatan branding ulang yang akan dilakukan mencakup identitas logo, tataletak elemen dalam berbagai media dan tulisan, elemen grafis, marka (signage), dan warna. Diharapkan kegiatan branding ulang ini mampu mengatasi masalah, sekaligus meningkatkan citra dari lembaga Quantum Akhyar Institute, lembaga yang dinaungi oleh Ustaz sendiri. Puncaknya, dengan keselarasan desain yang dihasilkan, diharapkan akan mempermudah dan memperluas jangkauan dakwah agama islam, sehingga dapat menjadi amalan yang baik bagi kita semua.