digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Menurut data federasi otomotif ASEAN 2021, Indonesia berhasil meningkatkan total penjualan mobil di pasar Indonesia sebesar 66.8% dari tahun 2020. Kondisi ini menunjukkan meningkatnya kebutuhan terminal mobil di pasar Indonesia untuk mengakomodasi permintaan tersebut. PT Indonesia Kendaraan Terminal TBK (IKT) adalah perusahaan yang menyediakan layanan terminal kendaraan di pasar Indonesia. Sebagai langkah menuju visi IKT Untuk menjadi Ekosistem Terminal Mobil Kelas Dunia, peneliti menemukan bahwa sebuah inisiatif perubahan strategis perlu untuk dikembangkan berdasarkan roadmap perusahaan IKT yang menjadi tema strategis tahunan IKT untuk memfasilitasi para pemimpin untuk menentukan fokus pengembangan tahunan program yang dapat mengakomodasi perubahan lanskap industri. Peneliti akan menggunakan Knowledge Based Performance Management System (KBPMS) sebagai Sistem Manajemen Kinerja (SMK) yang dipilih. Kerangka KBPMS akan digunakan untuk mengevaluasi visi, misi, dan strategi; lingkungan internal dan eksternal; dan kinerja perusahaan. Data primer dan sekunder akan dikumpulkan melalui diskusi dan observasi dengan tim pengelola IKT dan laporan tahunan IKT 2021. Berdasarkan analisis yang dilakukan terhadap IKT, peneliti menemukan bahwa pada tahun 2021, IKT menunjukkan kinerja yang stabil dengan pertumbuhan yang positif jika dibandingkan dengan data kinerja tahun 2020. Berdasarkan temuan tersebut, dalam penelitian ini, peneliti mengembangkan inisiatif perubahan strategis untuk membantu IKT dalam mempertahankan kinerja dan perkembangan mereka yang stabil melalui penggunaan roadmap perusahaan mereka secara efektif sebagai tema strategis tahunan dengan menggunakan kerangka McKinsey 7s dan Kotter 8 Step Change Model. Hasil dari penelitian ini adalah usulan PMS berupa inisiatif perubahan strategis untuk membantu IKT mencapai visinya secara efektif.