digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800


COVER - Priscilla Yola Aulia Loe.pdf
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB I - Priscilla Yola Aulia Loe.pdf
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB II - Priscilla Yola Aulia Loe.pdf
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB III - Priscilla Yola Aulia Loe.pdf
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB IV - Priscilla Yola Aulia Loe.pdf
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB V - Priscilla Yola Aulia Loe.pdf
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB VI - Priscilla Yola Aulia Loe.pdf
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB VII - Priscilla Yola Aulia Loe.pdf
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB VIII - Priscilla Yola Aulia Loe.pdf
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB IX - Priscilla Yola Aulia Loe.pdf
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

PUSTAKA Priscilla Yola Aulia Loe
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

PUSTAKA Priscilla Yola Aulia Loe
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

LAMPIRAN - Priscilla Yola Aulia Loe.pdf
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

Transportasi laut memiliki peran yang sangat penting bagi negara kepulauan khususnya dalam meningkatkan ekonomi negara. Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dengan jumlah pulau yang mencapai hingga 17,508 pulau. Sebagai negara kepulauan, Indonesia harus dapat memanfaatkan sektor angkutan laut semaksimal mungkin. Lebiti adalah salah satu desa di Kecamatan Togean, Kabupaten Tojo Una-Una, Provinsi Sulawesi Tengah, Indonesia dan merupakan daerah yang memiliki potensi besar dalam transportasi laut. Pembangunan pelabuhan di Lebiti berperan sebagai pengembangan fasilitas untuk mendukung perkembangan ekonomi setempat dan membuka jalan bagi kegiatan transportasi warga sehari?hari yang bersifat mendasar. Pembangunan Pelabuhan Lebiti direncanakan sebagai pelabuhan pengumpan lokal di Kabupaten Tojo Una-Una, Provinsi Sulawesi Tengah yang melayani kegiatan angkutan laut dalam negeri dan sebagai tempat asal tujuan penumpang dan barang. Metode yang digunakan dalam melakukan perancangan struktur dermaga jetty tipe deck on pile terdiri dari pengolahan data sekunder, perhitungan pembebanan struktur dermaga, perancangan struktur dermaga dan trestle, pemodelan dan analisis struktur, desain penulangan elemen struktural dermaga, serta analisis daya dukung tanah. Tahapan awal perancangan struktur dermaga adalah pengolahan data lingkungan berupa data tanah, pasang surut, arus, gelombang, dan angin. Pengolahan data operasional juga dilakukan untuk memperoleh pembebanan struktur dermaga. Preliminary desain dilakukan untuk mendapatkan dimensi penampang minimal yang diperlukan berdasarkan kemampuan optimum dan kegagalan yang dapat terjadi pada elemen struktur. Dimensi penampang tersebut dimodelkan pada perangkat lunak SAP2000. Hasil dari pemodelan akan memperoleh nilai unity check ratio (UCR), defleksi struktur, gaya dalam balok dan pelat, serta reaksi perletakkan tiang pancang. Nilai unity check ratio (UCR) perlu berada dalam rentang 0,7 hingga 1,0 agar berada dalam kondisi yang optimum, serta nilai defleksi harus memenuhi kriteria desain yang digunakan. Gaya dalam balok dan pelat optimum yang diperoleh dari pemodelan digunakan untuk desain penulangan elemen struktural dermaga. Lalu dilakukan analisis daya dukung tanah untuk memperoleh kedalaman tiang pancang yang diperlukan agat struktur dermaga dapat menahan beban berdasarkan reaksi perletakkan tiang pancang yang diperoleh dari pemodelan. Perancangan dermaga pada Tugas Akhir ini mengacu pada standard-standard yang ada antara lain Technical Standards and Commenteries for Port and Harbour Facilities in Japan The Overseas Coastal Area Development of Institute (OCDI) of Japan, 2009, British Standard (BS), dan Standar Nasional Indonesia (SNI), standar American Institute of Steel Construction (AISC), standar American Concrete Institute (ACI), standar American Society of Civil Engineers (ASCE), standar American Association of State Highway and Transportation Officials (AASHTO), serta standar lainnya yang berlaku, termasuk katalog-katalog produk yang relevan. Hasil akhir dari pengerjaan perancangan dermaga pada Tugas Akhir ini adalah dimensi struktur dermaga dan trestle, dimensi elemen struktur, dan dimensi serta kedalaman pemancangan tiang pancang.