digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Pada awalnya, media sosial diciptakan untuk menyediakan hiburan. Sekarang, media sosial digunakan juga sebagai platform pemasaran. Fashion adalah salah satu industri yang menggunakan media sosial sebagai sarana pemasaran. Berbelanja produk fashion secara online sedang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia semenjak beberapa tahun terakhir. Seiring bertambahnya keinginan produk fashion, merk fashion lokal terutama untuk perempuan pun semakin bertambah dan memasuki market. Berdasarkan survei yang telah dilaksanakan oleh penulis, ditemukan fakta bahwa masyarakat masih memiliki tingkat loyalitas yang rendah terhadap merek lokal fashion perempuan. Maka dari itu para pendiri merk fashion perlu mengetahui cara untuk memperkuat loyalitas merek menggunakan media sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh aktivitas pemasaran media sosial terhadap loyalitas merek pada merek lokal fashion perempuan dan memberikan rekomendasi yang dapat diterapkan oleh para pemilik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif untuk mengumpulkan data yang diperlukan. Data diperoleh menggunakan kuesioner online yaitu google form dan berhasil mendapatkan 225 responden dengan kriteria yang telah ditentukan terlebih dahulu oleh penulis. Untuk analisa data, penulis memilih Analisis Deskriptif dan Partial Least Squares – Structural Equation Modeling (PLS-SEM) untuk mengecek hubungan antara variabel – variabel. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa Social Media Marketing Activities (SMMa) tidak memiliki hubungan langsung terhadap Brand Loyalty (BLOY). Social Media Marketing Activities (SMMa) memiliki pengaruh yang positif terhadap Brand Love (BL), Brand Consciousness (BC), dan Value Consciousness (VC). Brand Love (BL) dan Brand Consciousness (BC) memiliki pengaruh yang positif terhadap Brand Loyalty (BLOY). Value consciousness (VC) tidak memiliki pengaruh terhadap Brand Loyalty (BLOY) yang berarti bukan sebuah mediator. Brand Love (BL) dan Brand Consciousness (BC) merupakan mediator penuh dari Social Media Marketing Activities (SMMa) dan Brand Loyalty (BLOY). Penelitian ini memberikan beberapa poin penting agar dapat meningkatkan aktivitas pemasaran media sosial untuk meraih loyalitas merek. Penemuan dari penelitian ini akan memberikan keuntungan bagi para pemilik merk lokal fashion perempuan dengan memberikan informasi mengenai bagaimana media sosial dapat mempengaruhi loyalitas pembeli melewati brand love dan brand consciousness. Kata Kunci: Aktivitas Pemasaran Media Social, Loyalitas Merek, Merek Lokal Fashion Perempuan, Survei Online, PLS-SEM