2022 TA PP RAHMI HIKMAH NUR KARIMAH 1.pdf)u
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Warung tradisional merupakan usaha ritel kecil (mikro) yang menjual
kebutuhan sehari-hari masyarakat. Model usaha ini banyak dijumpai di seluruh
pelosok Indonesia, baik di kota-kota besar, kecil, daerah pinggir kota, maupun
pedesaan. Warung tradisional sering juga disebut warung tetangga karena
konsumen utamanya adalah tetangga yang tinggal di sekitar warung. Jarak yang
dekat dengan permukiman masyarakat menjadi keunggulan dari usaha warung
dibandingkan dengan ritel lain yang lebih besar seperti pasar, hypermarket,
ataupun department store. Akan tetapi, kemunculan format ritel minimarket dan
e-commerce kian mengungguli warung tradisional karena menawarkan lokasi yang
sama dekatnya dengan warung, ditambah dengan berbagai fitur yang jauh lebih
modern dan produk yang lebih lengkap. Hal ini mengakibatkan pangsa pasar
warung tradisional semakin menurun. Sayangnya, banyak pemilik warung berdiam
diri dan menjalani usaha seadanya, tidak merasa mampu melakukan apa-apa
untuk meningkatkan usaha karena keterbatasan modal dan sumber daya.
Perancangan kampanye digunakan sebagai upaya untuk meningkatkan motivasi
berinovasi bagi pemilik warung tradisional agar warung memiliki daya saing
Perpustakaan Digital ITB