digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Untuk bertahan di tengah pandemi Covid-19 sendiri, para pelaku usaha harus produktif dan kreatif. Dalam dunia bisnis saat ini, para pengusaha perlu lebih cerdas dalam memilih strategi untuk mengembangkan bisnisnya. Waralaba dianggap sebagai alat investasi yang efektif, karena hanya dengan modal awal yang terbatas maka pendapatan yang berkelanjutan dan sistem operasi yang baik dapat dicapai. Makalah ini menganalisis perusahaan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang alasan mengapa perusahaan memilih untuk melakukan bisnis waralaba. Rumah Makan Mergosari didirikan pada tahun 1996, dari sebuah restoran kecil di perbatasan antara Jawa Tengah dan Barat di Cilacap. Tahun ini, Rumah Makan Mergosari sudah berjalan selama 24 tahun. Ini bukan waktu yang singkat, Rumah Makan Mergosari telah melakukan berbagai perkembangan dan karena konsistensinya dalam kualitas dan pelayanan, Rumah Makan Mergosari terus berkembang hingga sekarang. Rumah Makan Mergosari berawal dari sebuah rumah makan kecil hingga kini telah menjadi 13 cabang yang tersebar di Jawa Barat khususnya di Priangan Timur. Rumah Makan Mergosari adalah bisnis keluarga yang fokus pada makanan khas Sunda. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif sehingga jika penelitian ini berusaha untuk memahami kondisi lingkungan dan eksternal Rumah Makan Mergosari sebagai upaya mengembangkan model waralaba dan strategi bisnis untuk meningkatkan pendapatan dengan implementasi yang diterapkan oleh Rumah Makan Mergosari. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini bersumber dari data primer dan data sekunder. Data primer penelitian ini berasal dari wawancara kepada pelanggan yang berminat bekerjasama dengan Rumah Makan Mergosari untuk berinvestasi. Data sekunder untuk penelitian ini berasal dari jurnal, buku dan artikel sebagai upaya untuk mendapatkan pemahaman tentang teori waralaba yang dapat diterapkan di Rumah Makan Mergosari. Rumah Makan Mergosari merupakan salah satu pilihan waralaba di bidang rumah makan yang telah terbukti memberikan keuntungan yang signifikan bagi calon penerima waralaba. Keberhasilannya dalam mengembangkan restoran Mergosari Indonesia diharapkan dapat memberikan kontribusi yang signifikan bagi calon franchisee untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal.