digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Nuri Savira Pritadewi
PUBLIC Taupik Abidin

Final Project_Nuri Savira Pritadewi.pdf
Terbatas  Taupik Abidin
» Gedung UPT Perpustakaan
» SBM

Daru Laboratory adalah perusahaan pengelola limbah yang menghasilkan enzim dari residu atau limbah buah dan sayuran yang akan aktif jika terkena minyak, lemak, dan busa. Enzim tersebut dikemas ke dalam produk pembersih rumah tangga yang membantu pelanggan melakukan pekerjaan rumah. Setelah beroperasi sejak Juni 2020 hingga sekarang, akun Instagram Daru Laboratory memiliki engagement yang rendah dan traffic yang tidak stabil. Untuk bersaing dengan perusahaan pengelola sampah lainnya, perusahaan membutuhkan strategi promosi Instagram yang efektif untuk membantu perusahaan meningkatkan penjualannya. Berdasarkan situasi tersebut, penelitian ini bertujuan untuk membantu Daru Laboratory mengembangkan rencana strategi promosi Instagram mereka untuk meningkatkan kinerja platform Instagram mereka. Penelitian ini dilakukan mulai dari penilaian analisis eksternal (analisis PESTEL, analisis Porter Five Forces, dan analisis wawasan pelanggan) dan analisis internal (analisis perusahaan dan analisis konten kuantitatif Instagram perusahaan). Kemudian dirumuskan beberapa strategi rekomendasi berdasarkan analisis SWOT Daru Laboratory untuk mengatasi akar permasalahan yang teridentifikasi melalui diagram tulang ikan. Oleh karena itu, ada beberapa strategi promosi yang dapat dilakukan Daru Laboratory untuk mengembangkan konten Instagram menjadi lebih menarik bagi pelanggan. Seperti menata ulang struktur organisasi agar lebih fokus mempromosikan Daru Laboratory khususnya di Instagram. Selain itu untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, strategi yang dilakukan adalah mengikuti pelatihan digital marketing Instagram. Membuat budgeting secara rutin di Instagram juga merupakan strategi untuk mengetahui berapa pengeluaran yang dibutuhkan. Terakhir adalah melakukan strategi pemasaran Instagram terintegrasi yang terdiri dari pengembangan konten, merencanakan jadwal reguler untuk mengunggah konten, benchmarking dengan pesaing, membuat kolaborasi IG Live dengan teman-teman anggota Daru Laboratory yang pecinta lingkungan, memanfaatkan Reel Instagram, dan mengadakan giveaway setiap 6 bulan sekali.