digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Industri kecantikan telah menjadi industri yang menjanjikan karena penampilan merupakan salah satu aset penting setiap manusia, terutama bagi wanita. Industri kecantikan memiliki dua sektor yaitu produk kecantikan dan jasa kecantikan. Kebutuhan mencari layanan kecantikan terkadang menjadi kendala karena beberapa faktor, oleh karena itu platform layanan kecantikan dapat menjadi solusi untuk mempermudah kebutuhan mencari layanan kecantikan dan dapat menjadi solusi terbaik untuk mencari dan memesan jasa kecantikan sekaligus menguntungkan pelanggan dan bisnis. Dengan membangun platform layanan kecantikan, total permintaan layanan penampilan juga diharapkan meningkat karena aksesnya menjadi lebih mudah. Namun, proporsi pelanggan yang menggunakan platform layanan kecantikan dapat dianggap rendah dan faktor-faktor yang akan mempengaruhi niat untuk menggunakan platform tidak pernah diidentifikasi lebih lanjut. Dengan menentukan faktor-faktor yang akan mempengaruhi niat untuk menggunakan platform layanan kecantikan, sangat penting untuk membantu pengembangan lebih lanjut dari industri ini terutama untuk layanan kecantikan. Penelitian ini akan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi niat menggunakan platform layanan kecantikan dengan menggunakan tiga variabel independen dari Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) yaitu Performance Expectancy, Effort Expectancy dan Social Influence dengan memasukkan Perceived Risk dan Perceived Trust. sebagai variabel eksternal. Metode yang akan digunakan adalah kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner online pada wanita berusia 16-35 tahun di Jawa Barat dan Jabodetabek dengan menggunakan analisis Regresi Linear Berganda untuk menganalisis data. 229 responden telah dikumpulkan melalui kuesioner online. Penelitian ini menemukan bahwa Performance Expectancy dan Perceived Trust secara signifikan mempengaruhi niat perilaku untuk menggunakan platform sedangkan Effort Expectancy, Social Influence dan Perceived Risk tidak mempunyai pengaruh terhadap niat perilaku untuk menggunakan platform. Temuan ini diharapkan dapat membantu perusahaan untuk menemukan strategi pemasaran yang tepat untuk meningkatkan pasar dan mendapatkan lebih banyak pelanggan.