Industri kecantikan telah menjadi industri yang menjanjikan karena penampilan merupakan salah satu
aset penting setiap manusia, terutama bagi wanita. Industri kecantikan memiliki dua sektor yaitu
produk kecantikan dan jasa kecantikan. Kebutuhan mencari layanan kecantikan terkadang menjadi
kendala karena beberapa faktor, oleh karena itu platform layanan kecantikan dapat menjadi solusi
untuk mempermudah kebutuhan mencari layanan kecantikan dan dapat menjadi solusi terbaik untuk
mencari dan memesan jasa kecantikan sekaligus menguntungkan pelanggan dan bisnis. Dengan
membangun platform layanan kecantikan, total permintaan layanan penampilan juga diharapkan
meningkat karena aksesnya menjadi lebih mudah. Namun, proporsi pelanggan yang menggunakan
platform layanan kecantikan dapat dianggap rendah dan faktor-faktor yang akan mempengaruhi niat
untuk menggunakan platform tidak pernah diidentifikasi lebih lanjut. Dengan menentukan
faktor-faktor yang akan mempengaruhi niat untuk menggunakan platform layanan kecantikan, sangat
penting untuk membantu pengembangan lebih lanjut dari industri ini terutama untuk layanan
kecantikan. Penelitian ini akan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi niat menggunakan
platform layanan kecantikan dengan menggunakan tiga variabel independen dari Unified Theory of
Acceptance and Use of Technology (UTAUT) yaitu Performance Expectancy, Effort Expectancy dan
Social Influence dengan memasukkan Perceived Risk dan Perceived Trust. sebagai variabel eksternal.
Metode yang akan digunakan adalah kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner online pada wanita
berusia 16-35 tahun di Jawa Barat dan Jabodetabek dengan menggunakan analisis Regresi Linear
Berganda untuk menganalisis data. 229 responden telah dikumpulkan melalui kuesioner online.
Penelitian ini menemukan bahwa Performance Expectancy dan Perceived Trust secara signifikan
mempengaruhi niat perilaku untuk menggunakan platform sedangkan Effort Expectancy, Social
Influence dan Perceived Risk tidak mempunyai pengaruh terhadap niat perilaku untuk menggunakan
platform. Temuan ini diharapkan dapat membantu perusahaan untuk menemukan strategi pemasaran
yang tepat untuk meningkatkan pasar dan mendapatkan lebih banyak pelanggan.
Perpustakaan Digital ITB