Pandemi COVID-19 telah mengubah perilaku masyarakat. Dengan terus bertambahnya jumlah pasien dan dengan ketidakpastian terhadap penyakit tersebut, masyarakat mulai memprioritaskan kesehatan dan berusaha untuk tetap di rumah jika memungkinkan. Bersamaan dengan pembatasan sosial yang dilakukan oleh pemerintah, banyak toko sayur online yang mulai bermunculan. Salah satunya adalah Sayurmoms, Sayurmoms adalah toko sayur online yang menjual bahan makanan mulai dari sayur-sayuran, buah-buahan, daging, boga bahari, dan bumbu masakan yang dijual secara daring melalui websites, media sosial, dan e-commerce. Penghasilan toko tersebut terus meningkat setiap bulannya. Namun untuk dapat menonjol dan bertahan dalam industri ini, perusahaan perlu memilih strategi yang tepat untuk diterapkan pada bisnisnya. Untuk menemukan strategi tersebut, penelitian ini akan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi perempuan dalam membeli sayur dan bahan makanan pokok melalui platform website berdasarkan teori perilaku terencana (TPB), dengan menambahkan perspektif teknologi menggunakan kualitas website (WebQual). Penelitian ini menggunakan kuesioner online untuk mengumpulkan data dari 151 responden. Data tersebut kemudian akan dianalisis menggunakan PLS-SEM. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa motif untuk berbelanja online sangat dipengaruhi oleh persepsi kontrol konsumen dan norma subjektif. Semua variabel WebQual mempengaruhi kepuasan pelanggan kecuali variabel kegunaan. Walaupun variabel kepuasan pelanggan dan sikap tidak berpengaruh dan tidak memediasi variabel independen terhadap motif untuk berbelanja online, kepuasan pelanggan menjadi variabel mediator untuk kualitas informasi dan kualitas servis terhadap sikap. Oleh karena itu, Perusahaan Sayurmoms dapat menggunakan strategi marketing seperti kode referral atau melakukan promosi melalui micro-influencers karena norma subjektif terbukti berpengaruh terhadap motif untuk berbelanja online melalui platform websites. Perusahaan Sayurmoms juga dapat meningkatkan kualitas website mereka untuk meningkatkan persepsi pelanggan dalam berbelanja sayur melalui platform website.
Perpustakaan Digital ITB