digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2021 TA PP VANISYA AULIA ANDINI 1.pdf ]
Terbatas Open In Flip Book Noor Pujiati.,S.Sos
» ITB

Pendidikan adalahinvestasi terbesar untuk seseorangmengubah nasib. Terutama di era modern dimanapersaingan mencari lapangan pekerjaan semakin ketat, seseorang dituntut untuk memiliki pengetahuan dan cara berpikir yang baik dan luas. Salah satu cara untuk mendapatkan pengetahuan tersebut adalah lewat pendidikan tinggi. Namun di Indonesia sendiri, partisipasi rakyatnya dalam Pendidikan Tinggi terbilang masih rendah dibandingkan dengan negara-negara tetangganya.Berangkat dari isu tersebut, dibentuklah sebuah solusi untuk meningkatkan kesadaran siswa SMA yang akan lulus akan pentingnya orientasi masa depan dan pendidikan tinggi lewat adventure game. Game ini dibuat untuk mengedukasi siswa dengan menyajikan sebuah sistem simulasi yangmembantu siswa tersebut mengidentifikasi masalahnyadan mencari informasidalam rangka menyusun rencana untuk masa depan terkait pendidikan tinggi.Narasi dibuat semenarik mungkin dengan sebuah cerita dan mekanik yang unik, dimana pemain dapat melihat dan mengalami perkembangan karakter utamadalam perjalanannya mencari mimpinya sendiri.