digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Penelitian ini bertujuan untuk merancang kurikulum berbasis pembelajar (Learner-Centered Education) guna mendukung pemberdayaan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di wilayah Cirebon. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan untuk menghubungkan program pendidikan tinggi dengan tantangan nyata yang dihadapi oleh pelaku UMKM dalam konteks lokal. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, studi ini menganalisis faktor-faktor eksternal dan internal yang memengaruhi perkembangan UMKM, termasuk hambatan ekosistem, kesiapan institusi, serta pola stakeholder collaboration yang terjadi. Analisis dilakukan dengan memanfaatkan berbagai kerangka konseptual, seperti Entrepreneurship Ecosystem Model, PESTLE, Service Quality Model, Value Proposition Canvas, dan Stakeholder Mapping. Hasil analisis digunakan untuk menyusun kerangka kurikulum yang mendorong pembelajaran berbasis praktik, keterlibatan aktor ekosistem, dan kontribusi nyata terhadap pengembangan UMKM lokal. Kurikulum yang diusulkan diharapkan dapat menjadi model strategis yang memperkuat peran institusi pendidikan tinggi dalam mendukung kolaborasi lintas sektor dan pembangunan ekonomi daerah secara berkelanjutan