Penelitian ini bertujuan untuk merancang kurikulum berbasis pembelajar (Learner-Centered
Education) guna mendukung pemberdayaan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di
wilayah Cirebon. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan untuk menghubungkan program
pendidikan tinggi dengan tantangan nyata yang dihadapi oleh pelaku UMKM dalam konteks
lokal. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, studi ini menganalisis faktor-faktor eksternal
dan internal yang memengaruhi perkembangan UMKM, termasuk hambatan ekosistem, kesiapan
institusi, serta pola stakeholder collaboration yang terjadi. Analisis dilakukan dengan
memanfaatkan berbagai kerangka konseptual, seperti Entrepreneurship Ecosystem Model,
PESTLE, Service Quality Model, Value Proposition Canvas, dan Stakeholder Mapping. Hasil
analisis digunakan untuk menyusun kerangka kurikulum yang mendorong pembelajaran berbasis
praktik, keterlibatan aktor ekosistem, dan kontribusi nyata terhadap pengembangan UMKM
lokal. Kurikulum yang diusulkan diharapkan dapat menjadi model strategis yang memperkuat
peran institusi pendidikan tinggi dalam mendukung kolaborasi lintas sektor dan pembangunan
ekonomi daerah secara berkelanjutan
Perpustakaan Digital ITB