digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Cover
PUBLIC karya

Lembar Pengesahan
PUBLIC karya

Abstrak & Abstract
PUBLIC karya

Tesis
PUBLIC karya

Arithmatopia merupakan game edukasi matematika yang ditujukan untuk anakanak sekolah dasar, khususnya anak-anak kelas satu. Arithmatopia dapat dimainkan hingga enam pemain sekaligus, yang dibagi menjadi dua kelompok. Dengan menerapkan genre action real-time strategy (ARTS), arithmatopia memberikan permainan yang dinamis dengan karakteristik lawan yang berbeda-beda. Untuk menjaga motivasi anak selama bermain, adaptive companion diaplikasikan sebagai bentuk pendamping non-player character (NPC). Peran yang diberikan adalah membantu dengan cara membimbing ke lokasi yang dibutuhkan sebagai bentuk intervensi, dengan harapan meningkatkan perhatian dan meningkatkan jumlah interaksi anak terhadap misinya. Dalam penelitian ini, adaptive companion mengevaluasi performa anak berdasarkan interaksi yang dilakukan dalam jangka waktu yang telah ditentukan, dan membandingkannya dengan kelompok lawan. Pemodelan heuristik digunakan untuk menentukan perbedaan kondisi yang sedang dialami pemain selama permainan berlangsung berdasarkan data interaksi, waktu, dan posisi yang didapatkan melalui sensor. Dengan demikian system dapat beradaptasi dengan cara memberikan perintah kepada kepada companion untuk bertindak aktif atau pasif. Pengujian dilakukan untuk melihat perbedaan performa serta dampak yang ditimbulkan terhadap pemain. Berdasarkan data yang dikumpulkan melalui percobaan kepada 18 anak kelas satu, adaptive companion berhasil meningkatkan performa anak-anak yang didampingi saat bermain dibandingkan dengan lawan bermainnya tanpa pendampingan. Intervensi yang diberikan oleh adaptive companion berhasil memotivasi anak untuk lebih banyak melakukan interaksi ketika mengalami penurunan performa, sehingga memiliki nilai kemenangan lebih tinggi.