Cover
PUBLIC karya Lembar Pengesahan
PUBLIC karya Abstrak & Abstract
PUBLIC karya Tesis
PUBLIC karya
Arithmatopia merupakan game edukasi matematika yang ditujukan untuk anakanak sekolah dasar, khususnya anak-anak kelas satu. Arithmatopia dapat dimainkan
hingga enam pemain sekaligus, yang dibagi menjadi dua kelompok. Dengan
menerapkan genre action real-time strategy (ARTS), arithmatopia memberikan
permainan yang dinamis dengan karakteristik lawan yang berbeda-beda. Untuk
menjaga motivasi anak selama bermain, adaptive companion diaplikasikan sebagai
bentuk pendamping non-player character (NPC). Peran yang diberikan adalah
membantu dengan cara membimbing ke lokasi yang dibutuhkan sebagai bentuk
intervensi, dengan harapan meningkatkan perhatian dan meningkatkan jumlah
interaksi anak terhadap misinya.
Dalam penelitian ini, adaptive companion mengevaluasi performa anak
berdasarkan interaksi yang dilakukan dalam jangka waktu yang telah ditentukan,
dan membandingkannya dengan kelompok lawan. Pemodelan heuristik digunakan
untuk menentukan perbedaan kondisi yang sedang dialami pemain selama
permainan berlangsung berdasarkan data interaksi, waktu, dan posisi yang
didapatkan melalui sensor. Dengan demikian system dapat beradaptasi dengan cara
memberikan perintah kepada kepada companion untuk bertindak aktif atau pasif.
Pengujian dilakukan untuk melihat perbedaan performa serta dampak yang
ditimbulkan terhadap pemain. Berdasarkan data yang dikumpulkan melalui
percobaan kepada 18 anak kelas satu, adaptive companion berhasil meningkatkan
performa anak-anak yang didampingi saat bermain dibandingkan dengan lawan
bermainnya tanpa pendampingan. Intervensi yang diberikan oleh adaptive
companion berhasil memotivasi anak untuk lebih banyak melakukan interaksi
ketika mengalami penurunan performa, sehingga memiliki nilai kemenangan lebih
tinggi.