BAB 1 Christopher Tjuaca
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 2 Christopher Tjuaca
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 3 Christopher Tjuaca
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 4 Christopher Tjuaca
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 5 Christopher Tjuaca
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 6 Christopher Tjuaca
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
PUSTAKA Christopher Tjuaca
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Rumah Batik Komar merupakan salah satu UMKM skala menengah yang bergerak pada industri batik. Penjualan Rumah Batik Komar saat ini tidak sesuai dengan peningkatan jumlah konsumen batik. Hal ini diindikasikan oleh penjualan yang stagnan selama beberapa tahun terakhir. Selain terjadi peningkatan jumlah konsumen batik, terjadi pula peningkatan jumlah pengrajin batik di Indonesia sehingga diperlukan strategi mempertahankan konsumen agar konsumen Rumah Batik Komar tidak berpindah ke kompetitor lain. Namun, hal tersebut masih belum dilakukan oleh Rumah Batik Komar. Hal ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran Rumah Batik Komar masih belum mampu beradaptasi dengan perubahan lingkungan, yaitu peningkatan jumlah pengrajin batik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk merancang strategi pemasaran berdasarkan tahap pertumbuhan organisasi saat ini.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi kasus. Rancangan penelitian yang akan dilakukan adalah identifikasi tahap pertumbuhan organisasi saat ini, pemetaan strategi pemasaran saat ini, penentuan arah rancangan strategi pemasaran, dan merancang strategi pemasaran. Identifikasi tahap pertumbuhan organisasi dan pemetaan strategi pemasaran dilakukan untuk menentukan arah rancangan strategi pemasaran. Setelah menentukan arah rancangan strategi pemasaran, peneliti akan menentukan usulan strategi pemasaran yang akan dirancang.
Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa saat ini Rumah Batik Komar telah berada pada tahap elaborasi (tahap 4). Namun, perbandingan strategi pemasaran yang dilakukan menunjukkan bahwa strategi Rumah Batik Komar masih berada pada tahap pertumbuhan organisasi tumbuh (tahap 2). Oleh karena itu, arah perancangan strategi pemasaran akan difokuskan pada retensi konsumen agar sesuai dengan tahap pertumbuhan elaborasi. Salah satu cara retensi konsumen adalah menggunakan program loyalitas.
Perpustakaan Digital ITB