digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Pop Korea saat ini sedang berkembang pesat di seluruh dunia. BTS sebagai salah satu grup penyanyi laki-laki K-pop telah menjadi grup penyanyi laki-laki tersukses di dunia. Kondisi ini juga terjadi khususnya di Indonesia. Penggemar BTS di Indonesia telah terbukti menjadi 10 besar negara dengan penggemar BTS terbesar di dunia. Namun hal tersebut tidak berpengaruh pada penjualan album musik fisik BTS di Indonesia. Meski dalam waktu kurang dari 7 tahun BTS telah menjual lebih dari 20 juta album fisik dan menjadikannya sebagai artis Korea terlaris sepanjang masa, Indonesia tetap tidak termasuk ke dalam data penjualan album BTS tertinggi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lebih dekat tentang perilaku pembelian konsumen yang mempengaruhi fenomena penjualan album musik fisik BTS yang dilakukan oleh penggemar BTS di Indonesia dan rekomendasi yang dapat dilakukan oleh pemasar grup penyanyi laki-laki K-pop dalam menjual produk album musik fisik. Penelitian ini akan dilakukan melalui pendekatan kuantitatif dengan survei daring dan partisipan penelitian ini adalah 247 konsumen Indonesia yang telah membeli album fisik BTS. Peneliti mengeksplorasi faktor-faktor (komponen audio, komponen visual, dan idolatri) yang diadopsi dari jurnal terkait dan menggunakan Teori Perilaku Terencana yang dimodifikasi menjadi model penelitian ini. Penelitian ini akan menggunakan PLS-SEM untuk menganalisis hubungan antara faktor-faktor, sikap terhadap album musik fisik BTS, norma subyektif, persepsi pengendalian perilaku, niat membeli, dan perilaku pembelian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa idolatri, sikap terhadap album musik fisik BTS, persepsi pengendalian perilaku berpengaruh terhadap perilaku pembelian orang Indonesia terhadap album musik fisik BTS. Temuan penelitian ini diharapkan dapat menambah pengetahuan pemasar grup penyanyi laki-laki K-pop tentang konsumen Indonesia dan dapat memaksimalkan penjualan produk album musik fisik grup penyanyi laki-laki K-pop di Indonesia.