Pop Korea saat ini sedang berkembang pesat di seluruh dunia. BTS sebagai salah satu grup
penyanyi laki-laki K-pop telah menjadi grup penyanyi laki-laki tersukses di dunia. Kondisi ini
juga terjadi khususnya di Indonesia. Penggemar BTS di Indonesia telah terbukti menjadi 10 besar
negara dengan penggemar BTS terbesar di dunia. Namun hal tersebut tidak berpengaruh pada
penjualan album musik fisik BTS di Indonesia. Meski dalam waktu kurang dari 7 tahun BTS telah
menjual lebih dari 20 juta album fisik dan menjadikannya sebagai artis Korea terlaris sepanjang
masa, Indonesia tetap tidak termasuk ke dalam data penjualan album BTS tertinggi. Oleh karena
itu, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lebih dekat tentang perilaku pembelian konsumen
yang mempengaruhi fenomena penjualan album musik fisik BTS yang dilakukan oleh penggemar
BTS di Indonesia dan rekomendasi yang dapat dilakukan oleh pemasar grup penyanyi laki-laki
K-pop dalam menjual produk album musik fisik. Penelitian ini akan dilakukan melalui
pendekatan kuantitatif dengan survei daring dan partisipan penelitian ini adalah 247 konsumen
Indonesia yang telah membeli album fisik BTS. Peneliti mengeksplorasi faktor-faktor (komponen
audio, komponen visual, dan idolatri) yang diadopsi dari jurnal terkait dan menggunakan Teori
Perilaku Terencana yang dimodifikasi menjadi model penelitian ini. Penelitian ini akan
menggunakan PLS-SEM untuk menganalisis hubungan antara faktor-faktor, sikap terhadap
album musik fisik BTS, norma subyektif, persepsi pengendalian perilaku, niat membeli, dan
perilaku pembelian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa idolatri, sikap terhadap album musik
fisik BTS, persepsi pengendalian perilaku berpengaruh terhadap perilaku pembelian orang
Indonesia terhadap album musik fisik BTS. Temuan penelitian ini diharapkan dapat menambah
pengetahuan pemasar grup penyanyi laki-laki K-pop tentang konsumen Indonesia dan dapat
memaksimalkan penjualan produk album musik fisik grup penyanyi laki-laki K-pop di Indonesia.
Perpustakaan Digital ITB