digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Arra Style adalah sebuah brand fashion wanita yang berfokus pada produk pakaian jadi wanita muslim. Dirintis sejak akhir tahun 2016, Arra Style berlokasi di Pasar Tanah Abang Blok B, Jakarta. Seiring dengan menurunnya jumlah pengunjung Tanah Abang, pada tahun 2019 penjualan produk Arra Style ikut turun. Berbanding terbalik dengan makin meningkatnya persaingan di industri fashion dan jumlah transaksi melalui media digital yang sedang berkembang di Indonesia. Arra Style yang hanya mengandalkan penjualan melalui transaksi toko dan pemesanan via WhatsApp, makin tertinggal karena perubahan yang terjadi. Penelitian ini dilakukan untuk membantu Arra Style beradaptasi dan mengadopsi transaksi melalui media digital, terlebih dahulu dengan mengidentifikasi customer persona dari Arra Style. Hasil dari identifikasi customer persona Arra Style, digunakan untuk mengajukan strategi pemasaran digital yang efektif. Pemilik berharap hal ini dapat meningkatkan transaksi penjualan produk Arra Style. Pendekatan penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan melakukan wawancara kepada co-founder, karyawan, konsumen yang telah bertansaksi dan konsumen baru yang ada potensi. Hasil dari penelitan ini menunjukan cutomer persona dari Arra Style dan strategi pemasaran digital yang sesuai untuk customer persona berdasarkan perjalanan konsumen melalui corong 5A. Strategi pemasaran digital terdiri dari strategi saluran komunikasi dan strategi saluran penjualan.