Pertumbuhan industri kreatif di Indonesia cukup menjanjikan, memberikan kontribusi 7,38%
terhadap total perekonomian nasional. Kemenparekraf menyebutkan, laju perkembangan 8,14%
tersebut disebabkan oleh tingginya permintaan kaum milenial terhadap pengerjaan citra
perusahaan, sistem identitas visual, periklanan dan kebutuhan visual komunikasi lainnya. Pada
praktiknya, Asosiasi Desain Grafis Indonesia menampilkan data bahwa jumlah praktisi desainer
di Indonesia merupakan yang terbesar dibandingkan dengan negara ASEAN lainnya, baik
sebagai desainer perorangan maupun design agency dan studio. Humane, sebagai salah satu
studio desain di Bandung menangkap sebuah problematika yang muncul seiring dengan laju
perkembangan desain komunikasi visual. Problematika tersebut adalah persaingan yang ketat di
industri desain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana membangun keunggulan
kompetitif dengan kepribadian merek sebagai salah satu solusi yang layak.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepribadian merek POT Branding House di media
sosial Instagram, sebagai salah satu konsultan desain grafis ternama yang berbasis di Bandung.
Untuk mengumpulkan data, penulis melakukan survei melalui kuesioner online kepada 119
pengikut POT Branding House di media sosial Instagram dan menganalisisnya menggunakan
SEM PLS dengan analisis faktor konfirmatori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepribadian
merek yang dipersepsikan oleh pengikut media sosial POT Branding House Instagram adalah
Ketulusan, salah satu dari lima dimensi kepribadian merek. Penelitian ini akan digunakan
sebagai dasar bagi studio desain di Bandung untuk membentuk keunggulan bersaing.
Perpustakaan Digital ITB