digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Bisnis yang berkaitan dengan bidang pendidikan semakin lama semakin menjamur dan saat ini menjadi sebuah bisnis yang menggiurkan. Hal ini menyebabkan banyak berdirinya sekolah yang tertampung dalam satu ekosistem bisnis bidang pendidikan. Sekolah-sekolah yang ada selalu menonjolkan kelebihan yang mereka punya kepada masyarakat dengan harapan kelebihan sekolah tersebut menjadi daya tarik buat masyarakat sehingga menjadi keunggulan kompetitif sekolah tersebut. Saat ini peminat sekolah swasta melebihi peminat sekolah negeri terlebih lagi untuk Kota Pekanbaru. Kota Pekanbaru dengan masyarakat majoritas islam serta mulai banyak masyarakat sadar akan pentingnya fondasi islam baik untuk diri sendiri serta anak. Salah satu sekolah yang ada di Kota Pekanbaru adalah Yayasan Imam Syafii 2. Sekolah ini merupakan Sekolah Islam Terpadu dengan menerapkan kurikulum K13 maupun KTSP dan juga menerapkan pemahaman Alqur’an dan sunnah sesuai pemahaman salafush shalih. Keberadaan sekolah ini masih tergolong baru dibandingkan dengan kompetitor yang sejenis. Keunggulan-keunggulan yang selalu ditawarkan sekolah masih belom mampu untuk memikat para calon orang tua serta murid untuk turut serta menjadi bagian dari sekolah tersebut. Kemampuan pemasaran sangat penting untuk melakukan penetrasi ke segmen pasar yang sekolah tuju. Pemasaran menjadi tonggak untuk setiap sekolah untuk meningkatkan jumlah customer yang akan berdampak kepada keuangan sekolah. Untuk itu perlu dilakukan analisa external dan internal untuk dapat menggambarkan kondisi sekolah sehingga setelah analisa terakhir didapatkan suatu strategi pemasaran baru dengan harapan lebih mampu untuk mengatasi masalah pemasaran sebelumnya.