digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Bisnis kuliner memiliki peran besar dalam industri kreatif Indonesia. Pertumbuhan bisnis dalam bidang kuliner di Bandung mencapai lebih dari 10 persen per tahunnya. Dari perkembangan ini, dapat dilihat bahwa bisnis kuliner mempunyai angka permintaan yang tinggi. Favorrito adalah bisnis baru di bidang makanan yang menjual makanan fusion Meksiko di Bandung. Sebagai bisnis startup, Favorrito menghadapi tantangan untuk menembus pasar industri di ketatnya persaingan bisnis kuliner. Dengan jumlah modal yang terbatas, Favorrito perlu menemukan strategi yang efektif sehingga Favorrito dapat diterima dan dapat menyesuaikan produknya dengan keinginan pasar. Masalah utama Favorrito adalah kurang lakunya penjualan. Ada banyak produk yang tidak laku terjual sehingga menyebabkan kerugian. Untuk mencegah biaya kerugian untuk penjualan yang selanjutnya, Favorrito perlu mengetahui penyebab dari produk yang tidak terjual tersebut. Apakah hal itu dikarenakan produknya tidak sesuai dengan kebutuha npelanggan atau dikarenakan kurangnya kesadaran merek dan strategi pemasaran. Untuk menganalisis dan memecahkan masalah tersebut, penelitian ini diperlukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan umpan balik dan tambahan wawasan dari pelanggan sehingga dapat tercipta strategi yang efektif untuk mengembangkan produk yang lebih tepat sasaran dan strategi pemasaran yang efektif. Analisis yang digunakan pada penelitian ini menggunakan dua koleksi data. Data primer dikumpulkan dengan menggunakan metodologi lean startup dengan cara melakukan wawancara lapangan kepada pelanggan Favorrito sementara data sekunder dikumpulkan dengan menganalisis analisis internal dan eksternal. Analisis internal yang digunakan adalah dengan menggunakan analisis STP (Segmenting, Targeting, Positioning) yang bertujuan untuk lebih memahami target pasar dan analisis marketing mix untuk menemukan apa yang dapat Favorrito tawarkan ke pasar. Analisis eksternal yang peneliti gunakan adalah analisis Porter 5 Force dan analisis kompetitor, kedua analisis tersebut berguna untuk pengembangan produk dan pemasaran Favorrito. Analisis SWOT juga digunakan untuk menghasilkan strategi pemasaran dari TOWS Matrix. Hasil yang didapat dari analisis dan wawancara, Favorrito perlu menekankan rasa, menstandardisasi rasa, menekankan produk diferensiasi dan memaksimalkan media sosial sebagai strategi pemasaran serta meningkatkan kesadaran merek