Bisnis kuliner memiliki peran besar dalam industri kreatif Indonesia. Pertumbuhan bisnis dalam bidang
kuliner di Bandung mencapai lebih dari 10 persen per tahunnya. Dari perkembangan ini, dapat dilihat
bahwa bisnis kuliner mempunyai angka permintaan yang tinggi. Favorrito adalah bisnis baru di bidang
makanan yang menjual makanan fusion Meksiko di Bandung. Sebagai bisnis startup, Favorrito
menghadapi tantangan untuk menembus pasar industri di ketatnya persaingan bisnis kuliner. Dengan
jumlah modal yang terbatas, Favorrito perlu menemukan strategi yang efektif sehingga Favorrito dapat
diterima dan dapat menyesuaikan produknya dengan keinginan pasar. Masalah utama Favorrito adalah
kurang lakunya penjualan. Ada banyak produk yang tidak laku terjual sehingga menyebabkan kerugian.
Untuk mencegah biaya kerugian untuk penjualan yang selanjutnya, Favorrito perlu mengetahui
penyebab dari produk yang tidak terjual tersebut. Apakah hal itu dikarenakan produknya tidak sesuai
dengan kebutuha npelanggan atau dikarenakan kurangnya kesadaran merek dan strategi pemasaran.
Untuk menganalisis dan memecahkan masalah tersebut, penelitian ini diperlukan. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mendapatkan umpan balik dan tambahan wawasan dari pelanggan sehingga
dapat tercipta strategi yang efektif untuk mengembangkan produk yang lebih tepat sasaran dan strategi
pemasaran yang efektif. Analisis yang digunakan pada penelitian ini menggunakan dua koleksi data.
Data primer dikumpulkan dengan menggunakan metodologi lean startup dengan cara melakukan
wawancara lapangan kepada pelanggan Favorrito sementara data sekunder dikumpulkan dengan
menganalisis analisis internal dan eksternal. Analisis internal yang digunakan adalah dengan
menggunakan analisis STP (Segmenting, Targeting, Positioning) yang bertujuan untuk lebih
memahami target pasar dan analisis marketing mix untuk menemukan apa yang dapat Favorrito
tawarkan ke pasar. Analisis eksternal yang peneliti gunakan adalah analisis Porter 5 Force dan analisis
kompetitor, kedua analisis tersebut berguna untuk pengembangan produk dan pemasaran Favorrito.
Analisis SWOT juga digunakan untuk menghasilkan strategi pemasaran dari TOWS Matrix.
Hasil yang didapat dari analisis dan wawancara, Favorrito perlu menekankan rasa, menstandardisasi
rasa, menekankan produk diferensiasi dan memaksimalkan media sosial sebagai strategi pemasaran
serta meningkatkan kesadaran merek
Perpustakaan Digital ITB